Cara menghemat baterai di Apple Watch

Posted by Info Fstrap on

Cara menghemat baterai di Apple Watch

Halaman Sébastien Diperbarui 13 Desember 2021

Apple Watch memiliki daya tahan baterai 18 jam per hari. Dan dari pengalaman saya, saya bisa membuktikan bahwa biasanya jauh melebihi angka itu. Tapi tentu saja, itu semua tergantung pada penggunaan Anda. Bergantung pada apa yang Anda lakukan dengannya, Anda mungkin melihat masa pakai baterai yang lebih baik atau lebih buruk.

Berikut adalah beberapa tip sederhana untuk memperpanjang masa pakai baterai Apple Watch. Beberapa dari mereka jelas, beberapa dari mereka kurang jelas. Kecuali jika Anda ingin menjadi penghemat daya yang ekstrem, akan konyol jika menerapkan semua tips ini sekaligus. Saran saya adalah melihatnya dan memilih mana yang memungkinkan Anda menikmati Apple Watch sepenuhnya tanpa mengorbankan fitur terbaik yang ditawarkan perangkat.

22 kiat Apple Watch untuk meningkatkan masa pakai baterai

Penting: Perlu diingat bahwa tujuan di sini bukan untuk menonaktifkan fitur sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk mengetahui berbagai cara Anda dapat menghemat baterai tergantung pada penggunaan Apple Watch Anda.

1. Sesuaikan kecerahan layar

Layar OLED Apple Watch memberikan tingkat hitam yang luar biasa dengan manajemen daya minimal, tetapi masih membutuhkan daya, dan semakin terang layar Anda, semakin banyak yang dibutuhkan. Salah satu cara yang jelas untuk memperbaikinya adalah dengan menurunkan kecerahan layar. Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar langsung dari perangkat atau dari aplikasi pendamping dengan membuka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan. Perhatikan bahwa hanya ada tiga tingkat kecerahan.

2. Gunakan tampilan jam yang lebih gelap

Piksel hitam membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit daripada warna lain pada layar OLED, yang mungkin menjelaskan mengapa ada begitu banyak warna hitam di antarmuka pengguna Apple Watch. Salah satu cara sederhana untuk menghemat masa pakai baterai adalah dengan menggunakan tampilan jam dengan warna hitam sebanyak mungkin. Semakin banyak warna hitam yang Anda miliki, semakin banyak baterai yang dapat Anda simpan. Jadi, tampilan jam tangan Mickey Mouse yang lucu yang telah Anda tunjukkan kepada semua teman Anda, kemungkinan akan menghabiskan beberapa poin baterai setiap hari.

3. Matikan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Secara default, app di Apple Watch Anda sering diperbarui untuk mengambil data baru. Ini secara signifikan mengurangi cadangan baterai. Untuk menonaktifkan ini, masuk ke dalam Pengaturan jam tangan > Umum > Penyegaran Aplikasi Latar Belakang, dan matikan sakelarnya.

4. Gunakan komplikasi yang tidak melakukan ping ke lokasi Anda atau memerlukan pembaruan

Beberapa komplikasi (juga dikenal sebagai fitur tampilan jam) mungkin perlu melakukan ping ke lokasi Anda untuk memberikan data yang diperbarui. Meskipun dampaknya mungkin minimal, pengaruhnya dapat bertambah dengan cepat jika Anda memiliki beberapa fitur ini di tampilan jam Anda. Komplikasi yang mungkin melakukan ping ke lokasi Anda adalah Fase Bulan, Cuaca, dan Matahari Terbit/Terbenam. Selain itu, perhatikan bahwa komplikasi Saham tidak melakukan ping ke lokasi Anda tetapi menarik data yang diperbarui dari iPhone Anda, yang juga dapat memengaruhi masa pakai baterai Anda.

5. Suara lebih rendah atau bisu

Secara default, setiap kali Anda menerima notifikasi, jam tangan akan memberikan umpan balik haptic dan mengeluarkan suara. Anda dapat menyesuaikan level suara atau menonaktifkan suara sepenuhnya dengan membuka Suara & Haptik dari aplikasi Pengaturan di Apple Watch atau langsung dari aplikasi Tonton di iPhone. Selain itu, Anda dapat menyempurnakan suara notifikasi untuk semua aplikasi stok dengan masuk ke dalam aplikasi iOS Watch > Notifications, memilih aplikasi, dan menggunakan lansiran khusus alih-alih opsi mirroring iPhone default.

6. Kurangi umpan balik haptic

Sama seperti suara yang dapat menghabiskan baterai Apple Watch Anda, getaran dari Taptic Engine, meskipun minimal, juga dapat berkontribusi pada masa pakai baterai yang lebih rendah di penghujung hari. Dengan membuka tab Suara & Haptik dari aplikasi Pengaturan di jam tangan atau dari aplikasi pendamping, Anda dapat menyesuaikan kekuatan haptik dan mematikan haptik yang menonjol.

7. Bersikaplah konservatif dengan notifikasi

Apple Watch adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan, tetapi itu bisa menjadi pengalih perhatian jika Anda memiliki terlalu banyak pemberitahuan yang diatur untuk didorong dari iPhone ke pergelangan tangan Anda. Lebih buruk lagi, gangguan ini dapat berdampak negatif pada baterai Anda. Di app Tonton di iPhone, buka tab Notifikasi dan matikan semua yang tidak Anda perlukan. Ini tidak hanya akan meningkatkan masa pakai baterai Anda, tetapi juga akan membuat Anda lebih fokus.

8. Aktifkan DND jika Anda tidak membutuhkan peringatan tepat waktu

Dalam rapat atau di sekolah? Nyalakan Jangan Ganggu agar sedikit menghemat baterai dengan tidak di-ping dengan notifikasi yang masuk. Tidak hanya akan mencegah Taptic Engine menggunakan baterai saat memberikan umpan balik haptic, tetapi Anda juga akan menghemat masa pakai baterai dengan tidak mengangkat pergelangan tangan dan membangunkan layar untuk melihat notifikasi.

9. Matikan "Hai Siri"

"Hey Siri" adalah fitur hebat yang terasa seperti dibuat untuk Apple Watch, tetapi juga fitur yang terus-menerus mendengarkan Anda saat layar menyala, satu per satu mAh. Beberapa pengguna telah melaporkan peningkatan baterai yang sangat baik hanya dengan mematikannya, yang dapat dilakukan dari Pengaturan > Siri di Apple Watch Anda. Melakukannya akan sangat mengurangi kegunaan jam tangan Anda, tetapi terkadang Anda harus melakukan apa yang harus Anda lakukan.

10. Matikan angkat pergelangan tangan

Di luar kotak, Apple Watch Anda dikonfigurasikan untuk membangunkan layar saat Anda mengangkat pergelangan tangan di depan Anda, dan dari pengalaman saya, ini bekerja dengan cukup baik. Namun terkadang, layar akan menyala secara tidak sengaja saat Anda sebenarnya tidak bermaksud untuk melihatnya. Ini karena arloji itu mengira Anda melakukannya. Jika Anda ingin lebih konservatif dengan frekuensi tampilan bangun, cukup pilih untuk mengaktifkannya secara manual. Untuk melakukannya, buka Pengaturan > Tampilan & Kecerahan dan matikan Wake on Wrist Raise. Untuk membangunkan tampilan, Anda sekarang harus mengetuknya atau menekan salah satu dari dua tombol. Selain itu, pastikan Durasi Bangun diatur ke 15 detik dan bukan 70 detik.

11. Hapus aplikasi yang tidak Anda gunakan

Sekarang kebaruan telah memudar, saatnya untuk melakukan sedikit pembersihan Musim Semi di layar Beranda Anda. Luangkan waktu beberapa menit untuk mencari tahu aplikasi apa yang benar-benar Anda butuhkan dan yang tidak. Meskipun Anda tidak terlalu sering menggunakannya, mungkin ada transfer data antara aplikasi di iPhone dan di jam tangan, yang menyebabkan pengurasan baterai menjadi lambat.

12. Gunakan Mode Hemat Daya selama berolahraga

Selama berolahraga, Anda dapat mengaktifkan Mode Hemat Daya untuk menonaktifkan sensor detak jantung, yang merupakan salah satu fitur paling menguras daya di Apple Watch Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Tonton di iPhone > Olahraga, dan aktifkan Mode Hemat Daya. Kelemahannya adalah penghitungan pembakaran kalori mungkin tidak seakurat saat sensor detak jantung mati.

13. Berhenti mengirim detak jantungmu

Sama seperti mengukur detak jantung Anda selama berolahraga adalah fitur yang haus daya, mengirimkan detak jantung Anda ke teman Anda dapat berdampak pada tingkat baterai Anda di penghujung hari. Cara mengatasinya sederhana: jangan mengirim detak jantung Anda ke teman. Ini menyeramkan, dan menguras baterai Anda.

14. Nonaktifkan detak jantung dan pelacakan kebugaran sama sekali

Kami telah menetapkan bahwa pemantauan detak jantung dapat membebani baterai Anda, dan begitu juga pelacakan kebugaran, fitur yang menggunakan gerakan tubuh Anda untuk menentukan jumlah langkah dan tingkat kebugaran. Kabar baiknya adalah, jika Anda tidak benar-benar menggunakan jam tangan untuk tujuan kesehatan dan kebugaran, Anda dapat menonaktifkan kedua fitur tersebut. Di iPhone, buka app Tontonan > Privasi, lalu matikan Detak Jantung dan Pelacakan Kebugaran.

15. Matikan unduhan aplikasi otomatis

Secara default, setiap kali Anda mengunduh aplikasi yang memiliki komponen Apple Watch, aplikasi ini akan diinstal secara otomatis di jam tangan Anda. Ini bisa nyaman, tetapi juga dapat sedikit mengurangi baterai Anda tanpa persetujuan Anda yang sebenarnya. Saranku? Buka aplikasi pendamping, ketuk Umum dan matikan Penginstalan Aplikasi Otomatis.

16. Kurangi gerakan

Dengan cara yang sama seperti iOS memperkenalkan berbagai animasi, watchOS dikemas dengan gerakan halus yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman visual perangkat lunak. Masalahnya adalah semua animasi kecil ini bertambah dan dapat menghabiskan masa pakai baterai Anda dalam jangka panjang. Anda dapat menonaktifkannya dengan membuka aplikasi Tonton di iPhone > Aksesibilitas > Kurangi Gerakan > Mati. Pengaturan ini juga memiliki efek samping lain, seperti mengubah ukuran semua ikon Layar Beranda Anda.

17. Kurangi transparansi

Sama seperti berbagai gerakan ditambahkan di iOS dan masuk ke watchOS, transparansi juga merupakan bagian besar dari keseluruhan bahasa desain yang digunakan di Apple Watch. Dan seperti gerakan yang dapat mengurangi baterai Anda, transparansi, hingga batas yang lebih kecil, juga akan berkurang. Anda dapat menonaktifkannya dengan membuka aplikasi Tonton > Aksesibilitas > Kurangi Transparansi.

18. Hindari bermain game

Kami mendekati zona tip yang jelas di sini, tetapi itu perlu dinyatakan sebagai semacam pengingat. Ada beberapa permainan yang tersedia untuk Apple Watch, dan hal-hal ini hanya akan menyedot masa pakai baterai Anda dalam waktu yang lebih singkat daripada yang Anda perlukan untuk menjawab pertanyaan Trivia Crack. Saya juga bersalah tentu saja, tetapi saya mencoba membatasi penggunaan game saya kecuali saya memiliki 3 menit untuk diri saya sendiri dan membiarkan iPhone saya di atas meja kopi. Anda tahu, darurat Trivia Crack.

19. Tenang saat menelepon

Namun, dalam kategori yang jelas, perlu dicatat bahwa, menurut Apple, waktu bicara (alias panggilan telepon) adalah cara terbaik untuk menguras baterai Apple Watch Anda. Cobalah untuk menjaga Dick Tracy batin Anda, dan kecuali benar-benar diperlukan, coba lakukan panggilan telepon langsung dari iPhone Anda. Bagaimanapun, ini adalah tujuan utamanya.

20. Bersantailah dengan streaming musik

Setelah panggilan telepon, streaming musik melalui Bluetooth ke headset nirkabel adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk baterai Anda, menurut Apple. Jika Anda memiliki iPhone, cukup streaming musik melalui Bluetooth dari telepon ke headset. Meskipun demikian, Anda masih dapat mengontrol musik apa yang sedang diputar dari jam tangan Anda, tetapi itu tidak akan menghabiskan daya baterai yang menyertainya.

21. Masuk ke mode Cadangan Daya

Ketika semuanya gagal, dan mungkin yang lebih penting, jika arloji Anda harus melewati hari untuk menunjukkan waktu, cukup aktifkan mode Cadangan Daya. Ini akan mematikan setiap fitur Apple Watch Anda, tetapi itu akan terus memberi tahu waktu, yang menurut saya adalah fungsi dasarnya. Di layar jam tangan Anda, geser ke atas untuk membuka Pusat Kontrol, dan cari persentase baterai, lalu ketuk Cadangan Daya.

22. Mulai ulang dari waktu ke waktu

Jika Anda mengalami apa yang tampak seperti pengurasan baterai yang tidak normal pada Apple Watch Anda, ingatlah bahwa perangkat ini pada dasarnya adalah komputer mini, dan seperti setiap komputer di luar sana, terkadang mem-boot ulang perangkat ini terkadang membantu. Bahkan jika Anda tidak melihat masalah baterai, sebenarnya bukan ide yang buruk untuk mem-boot ulang dari waktu ke waktu. Untuk memulai ulang, cukup tekan dan tahan tombol samping untuk mematikan, lalu tekan dan tahan lagi untuk menyalakannya.

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2015/05/01/save-battery-apple-watch/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.


Share this post



← Older Post Newer Post →