Cara mempercepat pembaruan perangkat lunak Apple Watch secara dramatis

Posted by Laila Kodrati on

Cara mempercepat pembaruan perangkat lunak Apple Watch secara dramatis

Mengunduh perangkat lunak watchOS ke Apple Watch Anda adalah proses yang sangat lambat.

Diperlukan waktu antara setengah jam hingga satu jam atau lebih untuk mengirim pembaruan perangkat lunak watchOS ke pergelangan tangan Anda. Karena ini adalah pengalaman yang lamban, saya mencoba memperbarui arloji saya hanya ketika saya yakin saya tidak akan menggunakannya selama beberapa jam, seperti tepat sebelum saya akan tidur.

Jumlah persis waktu yang dibutuhkan untuk mengirim pemasang ke pergelangan tangan Anda tergantung pada ukuran pembaruan perangkat lunak watchOS yang Anda pasang, model Apple Watch Anda (model yang lebih baru menggunakan prosesor yang lebih baik yang menangani operasi umum lebih cepat), gangguan jaringan dan banyak faktor yang memengaruhi transfer data nirkabel.

Bukankah lebih bagus jika ada cara untuk secara dramatis mempercepat proses pengiriman file installer watchOS yang sangat lambat ke Apple Watch Anda?

Tentang mempercepat pembaruan Apple Watch

Saya akan memberi tahu Anda rahasia: menggeser sakelar Bluetooth ke posisi OFF di Pengaturan → Bluetooth di iPhone Anda akan mempercepat pembaruan perangkat lunak watchOS secara dramatis.

Tetapi mengapa mematikan Bluetooth mempercepat proses pembaruan?

Karena Apple Watch secara default memprioritaskan Bluetooth melalui Wi-Fi bila memungkinkan untuk menghemat daya sebanyak mungkin. Sementara Bluetooth memang membutuhkan daya lebih sedikit daripada Wi-Fi, protokol secara signifikan lebih lambat dalam hal transfer data daripada kebanyakan standar jaringan Wi-Fi.

Menonaktifkan Bluetooth pada iPhone berpasangan Anda pada waktu yang tepat akan memaksa Apple Watch Anda terhubung ke iPhone Anda melalui protokol Wi-Fi yang lebih cepat.

Tidak seperti perangkat Apple lainnya, Apple Watch Anda tidak mengunduh pembaruan watchOS itu sendiri.

Memperbarui jam tangan Anda terjadi melalui aplikasi Watch pengiring di iPhone yang Anda pasangkan.

Ponsel Anda mengunduh pembaruan watchOS terbaru dan mengirimkan pemasang secara nirkabel ke pergelangan tangan Anda. Mengirim banyak data melalui Bluetooth itu gila — pembaruan watchOS biasanya berbobot di mana saja antara beberapa ratus megabita hingga lebih dari satu gigabita.

Membuat tautan terlemah — mengirim penginstal ke arloji Anda — lebih cepat dengan menonaktifkan sementara Bluetooth mengurangi waktu yang signifikan dari proses pembaruan.

Namun, Anda harus mematikan Bluetooth pada saat tertentu selama proses pembaruan.

Cara mempercepat pembaruan Apple Watch

Seperti yang saya katakan, pembaruan perangkat lunak Apple Watch ditangani oleh aplikasi Watch pada iPhone pasangan Anda. Antara lain, secara otomatis mengambil perangkat lunak watchOS terbaru dari server Apple segera setelah tersedia untuk diunduh.

Aplikasi Watch kemudian mengirimkan file pemasang yang diunduh ke perangkat yang dikenakan pergelangan tangan Anda melalui udara. Arloji mengambilnya dari sana, membongkar penginstal dan menerapkan pembaruan.

  1. Pastikan Apple Watch Anda ada pada pengisi dayanya, setidaknya sudah terisi 50% dan berada beberapa inci dari pasangan iPhone Anda. Periksa ulang apakah Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan di ponsel dan jam tangan Anda.
  2. Buka aplikasi Watch di iPhone yang Anda pasangkan.
  3. Ketuk tab Watch Saya.
  4. Ketuk Umum.
  5. Ketuk Pembaruan Perangkat Lunak.

Tip : Jika iPhone Anda telah mengunduh pembaruan watchOS terbaru di latar belakang, Anda akan melihat lencana merah pada ikon aplikasi Tonton di layar Beranda dan di dalam aplikasi.

  • Jika ada pembaruan watchOS baru yang tersedia, Anda akan melihat nomor versinya dan merilis catatan di layar berikutnya. Untuk melanjutkan proses pembaruan, ketuk Unduh dan Instal.

Jika ditanya kode sandi iPhone Anda atau kode sandi Apple Watch, masukkan.

  • Jika ditanya kode sandi iPhone Anda atau kode sandi Apple Watch, masukkan.

Melihat perkiraan kasar dari waktu yang tersisa (misalnya, “Sekitar 9 menit tersisa”) berarti aplikasi mengirimkan penginstal ke arloji melalui Bluetooth.

Jangan nonaktifkan Bluetooth sampai perkiraan waktu yang tersisa muncul

  • Sekarang buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  • Pilih Bluetooth dari daftar.
  • Geser sakelar berlabel Bluetooth ke posisi OFF.

Tip : Hindari menonaktifkan Bluetooth melalui Pusat Kontrol karena itu tidak akan berhasil karena perubahan besar pada cara ini beralih di iOS 11.

  • Bluetooth sekarang sepenuhnya dinonaktifkan di iPhone Anda.

Transfer data dan fitur Continuity khusus seperti konektivitas AirDrop dan Apple Watch tidak lagi berfungsi. Ini bukan masalah: Apple Watch mendukung fitur tertentu melalui koneksi Wi-Fi, bahkan ketika Bluetooth dinonaktifkan.

Beralih ke aplikasi Arloji dan arahkan ke Watch Saya → Umum → layar Pembaruan Perangkat Lunak.

  • Prompt muncul, menyarankan Anda menghubungkan kembali ke arloji Anda.

Ketuk Batal untuk melanjutkan.

  • Melihat Bluetooth tidak tersedia, aplikasi Tonton jatuh kembali ke jaringan Wi-Fi rumah Anda selama jam tangan dan ponsel Anda memiliki Wi-Fi yang diaktifkan di Pengaturan dan terhubung ke jaringan lokal yang sama.

    Perkiraan waktu yang tersisa harus turun secara signifikan sebagai hasil langsung dari penggunaan protokol Wi-Fi yang jauh lebih cepat daripada jaringan Bluetooth yang lambat dan tidak dapat diandalkan. Apple memberlakukan Bluetooth pada jam tangan karena radio Wi-Fi mengonsumsi lebih banyak daya.

    Ketika sebuah pesan yang mengatakan "Mempersiapkan ..." muncul di bagian atas layar, penginstal watchOS telah berhasil dikirim ke jam tangan Anda. Apple Watch sekarang membongkar penginstal.
Anda juga dapat melihat pesan yang mengatakan "Memverifikasi ..."


Ini untuk menunjukkan bahwa aplikasi Tonton sedang memverifikasi tanda tangan kriptografis dari perangkat lunak yang diunduh untuk memastikan bahwa pembaruan watchOS adalah perangkat lunak yang sah yang belum dirusak.

Dengan arsip watchOS dibongkar pada jam tangan Anda, luncurkan kembali aplikasi Pengaturan dan aktifkan kembali Bluetooth, lalu kembali ke layar pemasang watchOS di aplikasi Watch.

  • Ketuk Instal di aplikasi Tonton.

Jika ditanya kode sandi iPhone Anda atau kode sandi Apple Watch, masukkan.

  • Tunggu roda kemajuan muncul di jam tangan Anda. IPhone Anda tidak lagi diperlukan untuk sisa proses pembaruan watchOS sehingga sekarang aman untuk keluar dari aplikasi Watch.

    Ingatlah bahwa pembaruan dapat diinstal dari beberapa menit hingga satu jam ke jam tangan, tergantung pada model Apple Watch Anda yang tepat, ukuran pembaruan, dan lainnya.

    Lihat penelusuran video langsung kami dari seluruh proses.

https://youtu.be/zH_7nWgUuG4

Saya tahu mematikan Bluetooth terasa seperti trik murah.

Bahkan, banyak orang tahu tentang korelasi antara throughput Bluetooth dan kecepatan pembaruan watchOS. Tapi, percayalah: sekali Anda mencoba trik sederhana ini, Anda tidak akan pernah menginstal pembaruan perangkat lunak Apple Watch melalui Bluetooth lagi — dan Anda dapat mengutipnya dari saya.

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2018/04/23/apple-watch-how-to-speed-up-watchos-updates/ dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)


    Share this post



    ← Older Post Newer Post →