Cara membuka kunci Mac Anda dengan Apple Watch Anda

Posted by Laila Kodrati on

Cara membuka kunci Mac Anda dengan Apple Watch Anda

Dengan Auto Unlock, fitur Continuity baru dari Apple, masuk ke Mac Anda semudah memakai Apple Watch yang terotentikasi di pergelangan tangan Anda tidak perlu mengetikkan kata sandi apa pun.

Untuk keamanan tambahan, Buka Otomatis menggunakan informasi kedekatan Bluetooth untuk menentukan kapan jam tangan yang Anda kenakan dan Mac Anda berada pada jarak yang dekat.

Dalam tutorial langkah demi langkah ini, kami akan membawa Anda melalui proses pengaturan dan penggunaan Buka Kunci Otomatis di Mac Anda.

Perangkat dan ID Apple Anda harus memenuhi persyaratan tertentu agar Buka Otomatis berfungsi:

Buka kunci persyaratan sistem

Buka Otomatis memerlukan yang berikut ini:

  • Pertengahan 2013 Mac atau yang lebih baru menjalankan macOS Sierra atau lebih baru
  • Apple Watch dengan watchOS 3 atau lebih baru
  • iPhone 5 atau lebih baru dengan iOS 10 dan lebih tinggi
  • Mac, Apple Watch, dan iPhone harus menggunakan akun iCloud yang sama
  • Apple Watch harus menyiapkan kode sandi
  • Akun pengguna Mac harus memiliki kata sandi
  • ID Apple harus menggunakan Otentikasi Dua Faktor, bukan Verifikasi Dua Langkah

Jika Mac Anda diproduksi sebelum 2013, Anda tidak akan dapat menggunakan Buka Otomatis.

Lihat tutorial terperinci kami untuk mempelajari cara mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor untuk ID Apple Anda (diperlukan agar Buka Otomatis berfungsi) atau tingkatkan dari Verifikasi Dua Langkah yang lebih lama (yang tidak mendukung Buka Otomatis) ke Otentikasi Dua Faktor.

Cara mengatur Buka Kunci Otomatis

  1. Di Mac Anda, buka System Preferences → Security & Privacy → General.
  2. Centang kotak di sebelah "Izinkan Apple Watch Anda untuk Membuka Kunci Mac Anda".

Anda mungkin diminta memberikan kata sandi untuk akun pengguna Mac Anda. Anda juga akan diminta memasukkan kata sandi untuk akun ID Apple Anda. Saat Mac dan Apple Watch Anda berpasangan melalui iCloud, Anda akan melihat indikator pemintalan dan pesan yang mengatakan "Menghidupkan".

Jika pesan hilang dan kotak tetap dicentang, Buka Otomatis telah diaktifkan.

Menggunakan Buka Otomatis

Dengan Auto Unlock yang diaktifkan, cukup kenakan Apple Watch Anda ketika membangunkan Mac dari tidur dan begitu saja, Anda akan masuk dan siap untuk pergi tanpa mengetikkan kata sandi apa pun. Demi kenyamanan dan keamanan Anda, notifikasi muncul di pergelangan tangan Anda segera setelah Mac Anda tidak dikunci dengan Auto Unlock.

Mungkin Dibutuhkan satu atau dua detik untuk Buka Kunci Otomatis untuk login Anda ke Mac Anda, dengan pesan pada layar login yang mengatakan "Membuka Kunci dengan Apple Watch".

https://youtu.be/NbsHNT-8Os0

Seperti disebutkan sebelumnya, Buka Otomatis menggunakan informasi kedekatan Bluetooth untuk mencegah siapa pun mendapatkan akses ke Mac Anda segera setelah Anda menjauh darinya.

Masalah dengan Buka Otomatis?

Jika Anda menerima pesan yang mengatakan Buka Otomatis tidak dapat diaktifkan saat ini, atau Anda tidak melihat kotak centang, coba mulai ulang Mac Anda. Biasanya diperlukan beberapa menit agar kotak centang muncul di panel preferensi Keamanan dan Privasi.

Jika kotak centang tidak terlihat setelah Anda me-restart komputer, baca persyaratan sistem untuk memeriksa ulang apakah model Mac Anda didukung. Seperti yang dinyatakan, Auto Unlock didukung oleh model Mac yang diperkenalkan pada pertengahan 2013 atau lebih baru.

Anda juga memerlukan Apple Watch dengan watchOS 3 dan iPhone 5 atau lebih baru untuk menggunakan Buka Otomatis dan semua perangkat Anda harus menggunakan akun iCloud yang sama. Anda tidak dapat menggunakan Buka Otomatis pada iPhone.

Jika Apple Watch Anda tidak muncul sebagai perangkat tepercaya di halaman web ID Apple, Buka Otomatis tidak akan berfungsi. Jika itu masalahnya, Anda mungkin ingin memutuskan pemasangan arloji dari iPhone, lalu pasangkan kembali untuk menyelesaikan masalah ini.

Apakah opsi Login Otomatis diaktifkan di System Preferences → Pengguna & Grup → Pilihan Login? Jika demikian, nonaktifkan karena mungkin berbenturan dengan Buka Otomatis.

Tidak dapat menggunakan Buka Otomatis untuk login ke Mac Anda setelah restart?

Ini adalah desainnya — Buka Otomatis dapat digunakan untuk masuk ke Mac Anda setelah bangun dari tidur, tetapi Anda masih harus memasukkan kata sandi akun Anda setelah menyalakan atau menghidupkan kembali komputer, mirip dengan bagaimana iOS mengharuskan Anda untuk memasukkan kode sandi setelah restart.

Buka Otomatis tidak dapat digunakan untuk mengunci Mac secara otomatis saat Anda pergi.

Buka Otomatis adalah salah satu fitur yang "hanya bekerja" dan penghemat waktu nyata. Jika Anda khawatir tentang keamanan Anda atau menggunakan kata sandi yang kuat untuk akun Mac Anda, Auto Unlock akan membuat pengetikan ulang kata sandi yang dimasukkan salah menjadi masa lalu.

Ini juga memperkuat keamanan Mac Anda karena kata sandi dapat dicegat, bahkan pada layar masuk, oleh perangkat lunak berbahaya seperti pencatat kunci.

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2016/09/21/how-to-unlock-your-mac-with-your-apple-watch/# dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)

 

 


Share this post



← Older Post Newer Post →