Buka kunci dengan Apple Watch tidak berfungsi? 15 solusi untuk memperbaikinya

Posted by Info Fstrap on

Buka kunci dengan Apple Watch tidak berfungsi? 15 solusi untuk memperbaikinya

Ankur Thakur 15 Maret 2022

Apple Watch Anda dapat secara otomatis membuka kunci iPhone Anda, yang menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan kode sandi iPhone atau menggunakan ID Wajah. Namun, jika Apple Watch tidak membuka kunci iPhone, Anda akan melihat kesalahan seperti "Tidak Dapat Berkomunikasi dengan Apple Watch," atau Anda akan tetap terjebak di layar kode sandi iPhone selama beberapa detik.

Panduan ini mencantumkan 15 solusi untuk memperbaiki masalah Buka Kunci dengan Apple Watch tidak berfungsi antara jam tangan dan iPhone Anda.

1. Perangkat dan versi perangkat lunak yang kompatibel

Anda dapat membuka kunci iPhone dengan Apple Watch jika Anda memiliki:

  • IPhone dengan ID Wajah yang menjalankan iOS 14.5 atau lebih baru. Ini berarti iPhone dengan tombol Home Touch ID tidak didukung.
  • Apple Watch Series 3 atau lebih baru yang menjalankan watchOS 7.4 atau lebih baru.

Kiat Pro: Di iPhone 12 atau lebih baru, Anda dapat mengabaikan Buka Kunci dengan Apple Watch dan atur iPhone Anda untuk membuka kunci dengan ID Wajah bahkan saat mengenakan topeng!

2. Perbarui iPhone 13 Anda ke iOS 15.0.1 atau lebih baru

iPhone 13 yang menjalankan iOS 15 memiliki bug di mana Apple Watch akan gagal membuka kunci perangkat dan menampilkan kesalahan yang mengatakan "Tidak Dapat Berkomunikasi dengan Apple Watch." Apple mengakui masalahnya dan memperbaikinya di iOS 15.0.1.

Buka Pengaturan iPhone > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Dari sini, pastikan Anda menggunakan iOS 15.0.1 atau lebih baru. Plus, terlepas dari model iPhone, akan membantu jika Anda mengunduh dan menginstal iOS versi terbaru.

3. Buka kunci iPhone dengan Apple Watch hanya berfungsi dengan topeng atau kacamata hitam

Apple Watch Anda dapat membuka kunci Mac Anda kapan saja. Namun, agar Apple Watch dapat membuka kunci iPhone Anda, mulut dan hidung Anda harus ditutup dengan sesuatu seperti topeng, atau mata Anda harus ditutup oleh kacamata hitam atau hal serupa seperti kacamata ski. Jadi, jika Anda berharap Apple Watch Anda membuka kunci iPhone yang disimpan di atas meja (jauh dari wajah Anda), itu tidak akan berhasil.

4. Make sure you're wearing your unlocked Apple Watch

Anda harus mengenakan Apple Watch di pergelangan tangan Anda. Itu tidak bisa dibiarkan di atas meja. Maka hanya iPhone Anda yang akan membuka kunci otomatis dengan Apple Watch.

Selanjutnya, apakah Anda melihat ikon kunci kecil di bagian atas layar Apple Watch? Jika ya, itu berarti Apple Watch Anda dikunci oleh kode sandi. Cukup tekan Digital Crown dan masukkan kode sandi Apple Watch Anda untuk membukanya. Sekarang, Buka Kunci dengan Apple Watch akan berhasil.

Catatan: Apple Watch mengunci sendiri secara otomatis saat Anda melepasnya dari pergelangan tangan. Anda harus memasukkan kode sandi sekali lagi setelah memakainya.

5. Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth di kedua perangkat

Saat Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan di kedua perangkat, Apple Watch Anda dapat membuka kunci iPhone Anda dengan membuat koneksi yang aman. Jadi, jika iPhone Anda gagal membuka kunci melalui Apple Watch, buka Pengaturan iPhone atau Pusat Kontrol dan aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth. Tidak apa-apa jika iPhone tidak terhubung ke jaringan Wi-Fi apa pun atau Anda mengetuk ikon Wi-Fi di Pusat Kontrol untuk menghentikannya mencari jaringan baru (ikon Wi-Fi biru menjadi putih).

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa pengaturan Wi-Fi dan Bluetooth di Apple Watch Anda:

  1. Tekan Digital Crown untuk melihat semua aplikasi dan ketuk Pengaturan.
  2. Ketuk Wi-Fi dan pastikan sudah aktif.
  3. Kembali dan ketuk Bluetooth dan pastikan itu aktif.

6. Hubungkan iPhone dan Apple Watch Anda

Setelah Anda mengaktifkan Bluetooth (dan Wi-Fi) di iPhone dan Apple Watch, keduanya akan terhubung secara otomatis. Untuk memeriksa, geser ke atas dari bagian bawah layar Apple Watch untuk membuka Pusat Kontrolnya. Di sini jika Anda melihat ikon iPhone hijau kecil, itu berarti Apple Watch Anda terhubung ke iPhone Anda. Jika Anda melihat ikon iPhone berwarna merah, periksa kembali Wi-Fi dan Bluetooth. Mematikan dan menghidupkannya kembali juga akan membantu.

7. Anda harus memasukkan kode sandi sekali

IPhone Anda akan meminta Anda untuk memasukkan kode sandi iPhone secara manual setelah memulai ulang atau membuka kunci Apple Watch. Setelah Anda memasukkan kode sandi, Buka Kunci dengan Apple Watch akan berfungsi untuk semua upaya membuka kunci di masa mendatang.

8. Aktifkan dan nonaktifkan Mode Pesawat

Menghidupkan dan mematikan Mode Pesawat memutuskan sinyal radio seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Trik kecil ini menyegarkan protokol nirkabel, biasanya memperbaiki masalah komunikasi.

Di iPhone:

1) Buka Pusat Kontrol dengan menggesek ke bawah dari kanan atas layar tempat ikon baterai berada.

2) Ketuk ikon pesawat, dan itu akan berubah menjadi kuning.

3) Setelah menunggu selama 15 detik, ketuk ikon yang sama untuk mematikan Mode Pesawat.

Di Apple Watch:

1) Gesek ke atas dari bagian bawah tampilan jam untuk membuka Pusat Kontrol.

2) Ketuk ikon pesawat, dan itu akan berubah menjadi kuning.

3) Setelah 15 detik, ketuk ikon yang sama untuk mematikan Mode Pesawat.

9. Mulai ulang kedua perangkat

Jika Anda belum memulai ulang iPhone atau Apple Watch dalam waktu yang lama, gangguan sementara dapat menyebabkan ketidaknyamanan tersebut. Untuk memperbaikinya, matikan kedua perangkat, tunggu sebentar, dan hidupkan kembali. Setelah itu, masukkan kode sandi secara manual sekali di iPhone dan Apple Watch Anda. Apple Watch Anda akan membuka kunci iPhone Anda secara otomatis mulai sekarang.

10. Nonaktifkan dan aktifkan kembali Buka Kunci dengan Apple Watch

Jika Apple Watch Anda tidak membuka kunci iPhone Anda bahkan setelah memenuhi persyaratan di atas, ikuti langkah-langkah ini untuk mematikan fitur ini dan menyalakannya kembali.

Berikut cara memperbaiki iPhone tidak terbuka dengan Apple Watch:

  1. Buka Pengaturan iPhone dan ketuk ID Wajah & Kode Sandi.
  2. Matikan Buka Kunci dengan Apple Watch.
  3. Mulai ulang iPhone Anda.
  4. Buka Pengaturan iPhone, ketuk ID Wajah & Kode Sandi, dan aktifkan
  5. Buka Kunci dengan Apple Watch sekali lagi.

11. Aktifkan kode sandi dan deteksi pergelangan tangan di Apple Watch

Apple Watch Anda dapat membuka kunci iPhone hanya jika Anda telah mengatur kode sandi di dalamnya dan mengaktifkan deteksi pergelangan tangan. Langkah-langkah berikut akan membantu mengonfirmasi bahwa:

  1. Buka aplikasi Tonton di iPhone Anda dan ketuk Kode Sandi dari bagian Tontonan Saya.
  2. Jika Anda belum mengatur kode sandi, ketuk Aktifkan Kode Sandi dan lakukan itu.
  3. Jika ada tulisan Turn Passcode Off dan Change Passcode, berarti kamu sudah memenuhi syarat tersebut. Dari bawah, pastikan juga Deteksi Pergelangan Tangan diaktifkan. Setelah itu, ketuk Matikan Kode Sandi dan masukkan kode sandi di Apple Watch Anda untuk menonaktifkannya. Selanjutnya, ketuk Aktifkan Kode Sandi dan atur lagi.

Tip: Beberapa pengguna berhasil dengan mematikan Buka Kunci dengan iPhone.

12. Perbarui Apple Watch Anda

Jika semuanya masih tidak berjalan dengan baik, perbarui Apple Watch Anda dari Pengaturan perangkat. Anda juga dapat membuka aplikasi Jam Tangan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk mendapatkan versi terbaru dari watchOS.

13. Setel ulang ID Wajah iPhone

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka Pengaturan iPhone dan ketuk ID Wajah & Kode Sandi.
  2. Ketuk Atur Ulang ID Wajah.
  3. Ketuk Atur ID Wajah > Mulai dan selesaikan prosesnya. Ini harus memperbaiki masalah Buka Kunci dengan Apple Watch yang gagal.

14. Setel ulang pengaturan jaringan iPhone

Apple Watch berkomunikasi dengan iPhone Anda melalui Wi-Fi dan Bluetooth untuk membukanya. Jika tidak ada solusi di atas yang memperbaiki masalah, setel ulang pengaturan jaringan iPhone Anda.

15. Putuskan pemasangan dan pasangkan kembali Apple Watch Anda

Apakah hal-hal masih belum teratur? Putuskan pemasangan Apple Watch Anda dan pasangkan lagi. Ini akan membuat cadangan Apple Watch Anda dan kemudian menghapusnya. Setelah itu, atur Apple Watch Anda lagi, dan itu akan memperbaiki masalah yang sedang berlangsung terkait dengan membuka kunci iPhone Anda.

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/03/15/fix-unlock-with-apple-watch-not-working/#1-Compatible-devices-and-software-versions. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.


Share this post



← Older Post Newer Post →