Cara memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli iPhone, iPad, Apple Watch, atau Mac bekas

Posted by Info Fstrap on

Cara memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli iPhone, iPad, Apple Watch, atau Mac bekas

Ankur Thakur, 22 Maret 2022

Kami menerbitkan artikel yang menunjukkan 15 hal yang harus dilakukan sebelum menjual iPhone Anda. Namun, jika Anda berada di sisi lain dan ingin membeli perangkat Apple bekas, Anda harus memeriksa Kunci Aktivasi dan memastikannya dinonaktifkan. Jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan pemberat kertas yang mahal!

Tutorial ini menunjukkan kepada Anda berbagai cara untuk memeriksa Kunci Aktivasi di iPhone, iPad, Apple Watch, dan Mac.

Mengapa khawatir tentang Kunci Aktivasi sebelum membeli perangkat bekas

Kunci Aktivasi diaktifkan secara otomatis saat pengguna mengaktifkan Cari Milik Saya di iPhone, Apple Watch, iPad, dan Mac mereka. Kunci ini terkait dengan ID Apple pemilik itu. Hampir semua orang mengaktifkan Cari Milik Saya karena diaktifkan secara otomatis saat menyiapkan perangkat, dan selama penggunaan, hampir tidak ada yang menonaktifkan fitur keamanan ini.

Jika perangkat dihapus secara paksa tanpa terlebih dahulu mematikan Cari Milik Saya, Kunci Aktivasi akan mencegahnya untuk diatur kembali. Di layar pengaturan, satu-satunya cara untuk melewati Kunci Aktivasi adalah dengan memasukkan kata sandi ID Apple dari pemilik terakhir. Gagal melakukannya membuat pengaturan perangkat menjadi tidak mungkin, menjadikannya sama sekali tidak dapat digunakan!

Dengan kata lain, saat Kunci Aktivasi diaktifkan, kata sandi ID Apple pemilik sebelumnya diperlukan sebelum siapa pun dapat mengaktifkan kembali dan menggunakan perangkat.

Penipuan terkait dengan Kunci Aktivasi

Jika Anda membeli iPhone, iPad, Apple Watch, atau Mac bekas dari pasar barang bekas, penjual dapat dengan sengaja membiarkan Kunci Aktivasi diaktifkan. Setelah Anda menghubungi mereka, mereka akan meminta pembayaran tambahan untuk menghapus Kunci Aktivasi dari jarak jauh. Itu juga tidak memiliki jaminan apakah mereka akan menghapusnya atau tidak. Kemungkinan juga perangkat tersebut dicuri, dan penjualnya sendiri tidak mengetahui kata sandinya!

Perangkat dan sistem operasi yang mendukung Kunci Aktivasi

Kunci Aktivasi didukung pada perangkat Apple berikut:

  • iPhone, iPod touch, dan iPad yang menjalankan iOS 7 atau lebih baru
  • iPad yang menjalankan iPadOS 13 dan lebih baru
  • Apple Watch menjalankan watchOS 2 dan lebih baru
  • Mac dengan silikon Apple (M1, M1 Pro, M1 Max, M1 Ultra, dan penerusnya) atau Mac berbasis Intel dengan Chip Keamanan Apple T2 yang menjalankan macOS Catalina atau lebih baru

Selain perangkat dan persyaratan OS di atas, autentikasi dua faktor harus diaktifkan untuk ID Apple. Bagi sebagian besar pengguna, sudah.

Catatan: AirPods tidak mendukung Kunci Aktivasi.

Ringkasan: Hampir semua orang mengaktifkan Kunci Aktivasi di iPhone dan perangkat Apple lainnya, meskipun mereka tidak ingat mengaktifkannya. Oleh karena itu, sebelum membeli perangkat Apple bekas atau rekondisi dari toko Apple yang tidak resmi, pastikan perangkat tersebut dihapus dan tidak lagi ditautkan ke ID Apple pemilik sebelumnya.

Cara memeriksa Kunci Aktivasi dari jarak jauh

Anda hanya dapat memeriksa Kunci Aktivasi perangkat secara langsung. Di tahun-tahun sebelumnya, ada cara untuk memeriksa Kunci Aktivasi dari jarak jauh dengan memasukkan Nomor Seri perangkat atau IMEI pada halaman Kunci Aktivasi iCloud khusus. Namun sekitar tahun 2017, Apple menghentikannya. Sekarang, Anda tidak dapat lagi memeriksa Kunci Aktivasi dari jarak jauh.

Penting: Anda tidak boleh mempercayai situs web pihak ketiga yang mengklaim telah memeriksa Kunci Aktivasi untuk iPhone, iPad, atau perangkat Apple lainnya yang digunakan atau dicuri. Mereka tidak bekerja!

Cara memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli iPhone, iPod touch, atau iPad bekas

Berikut adalah metode untuk memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli perangkat Apple bekas. Perhatikan bahwa Anda harus memiliki perangkat di tangan Anda, dan perangkat harus menyala agar Anda mengetahui status Kunci Aktivasi.

Metode 1

Berikut cara mengecek Kunci Aktivasi di perangkat iOS atau iPadOS yang diklaim penjual terhapus dan siap dijual.

Nyalakan perangkat dan selesaikan proses penyiapan dasar seperti memilih bahasa, wilayah, dan menyambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler. Setelah ini, jika Anda melihat salah satu layar berikut, itu berarti iPhone, iPad, atau iPod touch mengaktifkan Kunci Aktivasi:

  • iPhone Terkunci ke Pemilik: Lokasi iPhone ini dapat dilihat oleh pemiliknya. (iOS 15 dan yang lebih baru)
  • Kunci Aktivasi: iPhone ini ditautkan ke ID Apple. Masukkan ID Apple dan kata sandi yang digunakan untuk mengatur iPhone ini.
  • Aktifkan iPhone: iPhone ini hilang dan terhapus. Masukkan ID Apple dan kata sandi yang digunakan untuk mengatur iPhone ini. Pesan dari Pemilik. Ini berarti perangkat tidak hanya memiliki Kunci Aktivasi, tetapi juga dicuri, dan pemilik aslinya telah memasukkannya ke dalam Mode Hilang!

Jangan membeli iPhone, iPad, atau iPod touch jika Anda melihat salah satu pesan di atas.

Untuk menghapus Kunci Aktivasi, minta pemilik perangkat untuk memasukkan kata sandi ID Apple-nya di layar ini. Setelah itu, gunakan ID Apple Anda untuk mengatur iPhone. Jika Anda tidak dapat menggunakan ID Apple Anda, minta penjual untuk mengikuti langkah-langkah ini untuk mematikan Cari Milik Saya dan kemudian menghapus perangkat. Setelah selesai, Anda dapat membeli perangkat dan mengaturnya menggunakan ID Apple Anda.

Jika Anda tidak melihat pesan di atas, berarti tidak ada Kunci Aktivasi pada perangkat tersebut. Lanjutkan dengan pengaturan perangkat dan masukkan ID Apple Anda (atau buat satu) untuk digunakan di dalamnya.

Metode 2

Saat Anda mengambil iPhone di tangan dan itu menunjukkan Layar Kunci untuk memasukkan kode sandi perangkat, itu berarti perangkat belum dihapus dan kemungkinan besar Cari Milik Saya (dan Kunci Aktivasi) masih diaktifkan. Minta pemilik sebelumnya untuk mematikan Cari Milik Saya dan menghapus perangkat. Setelah itu, Anda bisa membelinya.

Metode 3

Jika perangkat sudah diatur, buka aplikasi Pengaturan iPhone > ketuk nama yang Anda lihat di atas > Cari Milik Saya > Cari iPhone Saya, dan jika Cari iPhone Saya berwarna hijau, itu berarti Kunci Aktivasi diaktifkan. Jangan membeli perangkat ini kecuali pemiliknya mematikannya dan menghapus perangkat.

Cara memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli Apple Watch

Saat Cari Milik Saya diaktifkan di iPhone, hal yang sama diaktifkan secara otomatis di Apple Watch yang dipasangkan. Saat mengatur Apple Watch, jika Anda melihat layar Kunci Aktivasi, jam tangan tidak dihapus dari ID Apple pemilik sebelumnya. Minta mereka untuk menghapusnya dari ID Apple mereka.

Jika Apple Watch sudah diatur dan Anda dapat melihat tampilan jam, aplikasi, dll., itu berarti pemiliknya belum menghapusnya. Minta mereka untuk membuka app Watch di iPhone dan memutuskan sambungan Apple Watch. Jangan biarkan mereka menghapusnya dari aplikasi Pengaturan Apple Watch, karena ini dapat membuat Kunci Aktivasi diaktifkan.

Cara memeriksa Kunci Aktivasi sebelum membeli MacBook

Seperti iPhone dan iPad, jika Anda melihat layar Kunci Aktivasi saat mengatur Mac, hubungi pemilik dan minta dia untuk menghapusnya dari akun mereka.

Jika Mac sudah diatur, Anda dapat melihat apakah Kunci Aktivasi diaktifkan atau tidak dengan mengeklik  > Tentang Mac Ini > Laporan Sistem > Perangkat Keras > Status Kunci Aktivasi.

Apa yang harus dilakukan jika Anda sudah membeli perangkat iPhone atau Apple dengan Kunci Aktivasi?

Jika Anda sudah membeli iPhone, iPod touch, iPad, Apple Watch, atau Mac yang mengaktifkan Kunci Aktivasi, hubungi penjual atau pemilik sebelumnya dan minta dia untuk menghapus perangkat yang dia jual kepada Anda dari ID Apple-nya. Penjual dapat melakukannya dari:

  • iCloud.com/find > masuk dengan ID Apple-nya yang masuk ke perangkat yang dijual kepada Anda > Semua Perangkat > pilih perangkat yang dijual kepada Anda > Hapus dari Akun.
  • Atau, buka aplikasi Temukan Saya di salah satu iPhone atau iPad > Perangkat > pilih perangkat yang dijual kepada Anda > Hapus Perangkat Ini.

Jika, Hapus dari Akun atau Hapus Perangkat Ini tidak terlihat oleh penjual:

  • Matikan perangkat yang Anda miliki atau putuskan sambungannya dari internet agar tampak offline. Setelah perangkat offline, penjual akan melihat opsi untuk menghapusnya.
  • Jika penjual masih tidak melihatnya, minta dia untuk memilih Hapus [perangkat] atau Hapus Perangkat Ini. Melakukannya akan menghapus perangkat yang mereka jual kepada Anda dari jarak jauh (asalkan terhubung ke Wi-Fi atau data seluler). Setelah selesai, minta dia untuk menghapus perangkat ini jika Anda masih melihat Kunci Aktivasi.

Jika penjual tidak dapat mengikuti langkah-langkah di atas:

  • Minta dia untuk meminta bantuan dari seseorang di dekat mereka.
  • Temui penjual secara langsung dan minta dia memasukkan kata sandi ID Apple di perangkat yang dia jual kepada Anda.

Cara menghapus Kunci Aktivasi di iPhone yang ID Apple-nya tidak Anda ketahui

Pada layar Kunci Aktivasi, Anda melihat huruf pertama ID Apple yang ditautkan ke perangkat. Sekarang, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika Anda lupa ID Apple itu:

  • Periksa ID Apple Anda di perangkat lain dan lihat apakah itu cocok dengan huruf pertama ID Apple yang ditampilkan di layar Kunci Aktivasi.
  • Buka halaman dukungan Temukan ID Apple resmi ini, dan masukkan email Anda yang dimulai dengan huruf pertama ID Apple yang Anda lihat di layar Kunci Aktivasi. Apple akan memberi tahu Anda jika Anda memiliki ID Apple dengan email itu.
  • Setel ulang kata sandi ID Apple Anda yang terlupakan dan gunakan di layar Kunci Aktivasi.
  • Jika Anda tidak dapat mengingat ID Apple dan/atau kata sandinya, satu-satunya cara Anda adalah menghubungi Dukungan Apple atau membawa perangkat ke Apple Store. Jika Anda memiliki faktur yang valid untuk perangkat, dan perangkat tidak dalam Mode Hilang (untuk mengesampingkan kemungkinan bahwa perangkat tersebut dicuri), Dukungan Apple mungkin menghapus perangkat tersebut dari ID Apple yang terlupakan, yang menonaktifkan Kunci Aktivasi. Setelah itu, Anda dapat mengatur perangkat dan menggunakan ID Apple lainnya.

Beberapa tahun yang lalu, kakak laki-laki saya entah bagaimana memulihkan iPhone-nya dan kemudian tidak dapat mengaturnya karena Kunci Aktivasi. Dia lupa ID Apple yang masuk di iPhone itu. Setelah beberapa saat, dia menyerah dan membeli iPhone baru. Beberapa bulan kemudian, ketika saya pergi ke rumahnya, saya menggali faktur asli untuk perangkat itu, menghubungi Dukungan Apple, menjelaskan situasinya, dan dalam waktu sekitar dua minggu, mereka menghapus iPhone itu dari ID Apple, dan saya dapat mengaturnya naik lagi!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/03/22/how-to-check-activation-lock/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.

 

 

 

 

     


    Share this post



    ← Older Post Newer Post →