Tidak dapat menginstal pembaruan di Apple Watch? Inilah cara memperbaikinya

Posted by Info Fstrap on

Tidak dapat menginstal pembaruan di Apple Watch? Inilah cara memperbaikinya

Ankur Thakur 10 Januari 2022

Menginstal pembaruan Apple Watch terbaru memastikannya memiliki fitur terbaru dan perbaikan bug. Proses untuk mendapatkan versi watchOS terbaru biasanya lancar dan membutuhkan beberapa langkah. Tetapi jika pembaruan perangkat lunak Apple Watch Anda gagal, tidak dapat menginstal pembaruan, macet di layar persiapan, atau pembaruan membutuhkan waktu berjam-jam, berikut adalah beberapa solusi potensial untuk memperbaikinya.

Jenis kesalahan yang mungkin Anda lihat saat pembaruan Apple Watch gagal

Ini adalah peringatan yang Anda lihat ketika Apple Watch Anda tidak berhasil memperbarui:

1) “Tidak Dapat Menginstal Pembaruan – Terjadi kesalahan saat menginstal versi terbaru watchOS di Apple Watch Anda.” Ini mungkin muncul sebagai pemberitahuan atau peringatan yang mengatakan Tutup dan Buka Aplikasi.

2) “Pembaruan Perangkat Lunak Gagal – Terjadi kesalahan saat mengunduh versi terbaru watchOS di Apple Watch Anda.”

3) “Terhubung – Untuk terhubung ke Apple Watch, pastikan iPhone Anda mengaktifkan Wi-Fi dan Bluetooth.”

4) “Instalasi Dijeda – Untuk menginstal pembaruan, Apple Watch harus terhubung ke pengisi dayanya dan diisi daya setidaknya 50%.”

Terkadang popup peringatan menjelaskan apa yang perlu Anda lakukan, seperti mengisi daya Apple Watch atau menyambungkan ke Wi-Fi dan Bluetooth. Di lain waktu, itu hanya memberi tahu Anda bahwa pembaruan telah gagal. Jangan khawatir.

Berikut adalah semua kemungkinan pemeriksaan, tip, dan solusi untuk memperbaiki pembaruan Apple Watch yang gagal.

1. Pastikan Apple Watch Anda kompatibel

Hal pertama adalah memastikan apakah Apple Watch Anda secara resmi didukung untuk menerima versi terbaru dari watchOS atau tidak. Anda dapat melihat daftar perangkat yang didukung di situs web Apple dengan membuka bagian bawah halaman watchOS. WatchOS 8 saat ini mendukung Apple Watch Series 3 dan yang lebih baru.

2. Pastikan iPhone Anda kompatibel

Selain Apple Watch, iPhone Anda juga harus kompatibel untuk menginstal watchOS di perangkat yang dapat dikenakan. WatchOS 8 saat ini mengharuskan Anda memiliki iPhone 6s atau lebih baru yang menjalankan iOS 15 atau lebih baru. Jika iPhone Anda tidak memenuhi kriteria minimum ini, Anda tidak dapat memperbarui Apple Watch menggunakan iPhone.

Anda dapat mempelajari iPhone mana yang Anda miliki di sini. Dan untuk mengetahui versi iOS, buka Pengaturan > Umum > Tentang dan lihat nomor di sebelah Versi Perangkat Lunak. Jika ini adalah versi lama, kembali ke layar sebelumnya dan ketuk Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh dan Instal.

3. Aktifkan Wi-Fi dan Bluetooth

Buka aplikasi Pengaturan iPhone dan pastikan Wi-Fi dan Bluetooth diaktifkan. Selanjutnya, buka Pusat Kontrol Apple Watch dengan menggesek ke atas dari bagian bawah tampilan jam. Jika ikon Wi-Fi tidak berwarna biru, ketuk untuk menyalakannya.

Untuk mengunduh pembaruan watchOS, sambungkan iPhone Anda ke Wi-Fi yang stabil. Saya menguji selama beberapa jam dan tidak dapat mengunduh pembaruan watchOS menggunakan data seluler.

Jika Anda memperbarui Apple Watch langsung dari perangkat (dan iPhone tidak berada di dekat Anda), pastikan arloji terhubung ke Wi-Fi. Untuk memeriksa ini, buka Pusat Kontrol Apple Watch, dan pastikan Anda melihat ikon Wi-Fi kecil. Saat Apple Watch terhubung ke iPhone, Anda akan melihat ikon iPhone hijau kecil. Dalam situasi apa pun, Anda dapat memperbarui Apple Watch Anda.

4. Letakkan perangkat Anda dalam mode AirPlane

Mengaktifkan mode Pesawat memutuskan sambungan Wi-Fi dan Bluetooth. Saat pembaruan Apple Watch tidak diunduh, hidupkan dan matikan mode Pesawat di kedua perangkat.

  • Di iPhone: Buka Pengaturan > Mode Pesawat hidup dan mati.
  • Di Apple Watch: Gesek ke atas pada tampilan jam, gulir ke bawah, dan ketuk tombol pesawat (akan berubah menjadi kuning). Setelah 15 detik, ketuk lagi untuk mematikannya.

5. Dekatkan iPhone dan Apple Watch

Jika Anda tidak memperbarui Apple Watch secara langsung tetapi menggunakan app iPhone Watch untuk memperbarui, pastikan kedua perangkat berada sedekat mungkin. Misalnya, simpan mereka di meja yang sama, sehingga mereka tetap terhubung melalui Bluetooth dan Wi-Fi.

6. Pasang Apple Watch dengan baterai 50% pada pengisi dayanya

Untuk menginstal pembaruan iOS di iPhone Anda, Anda hanya perlu memiliki baterai 50% (80% dalam beberapa kasus). Tetapi untuk menginstal pembaruan watchOS di Apple Watch Anda, itu harus memiliki setidaknya 50% baterai dan juga ditempatkan di pengisi dayanya. Jika kedua kondisi tidak terpenuhi, Anda tidak dapat memperbarui Apple Watch.

7. Ruang kosong di Apple Watch Anda

Agar berhasil mengunduh, menyiapkan, dan menginstal watchOS versi baru, Anda harus memiliki ruang kosong yang cukup. Berapa banyak ruang kosong yang dibutuhkan tergantung pada pembaruan watchOS. Jika ini adalah pembaruan kecil, Anda mungkin hanya memerlukan beberapa ratus MB ruang kosong. Tetapi untuk pembaruan watchOS utama, jumlahnya meningkat.

Dalam kedua kasus tersebut, jika pembaruan Apple Watch gagal, periksa berapa banyak ruang kosong yang Anda miliki di perangkat. Setelah itu, berikut adalah beberapa cara mudah untuk mengosongkan ruang di Apple Watch Anda.

8. Jangan keluar dari aplikasi Tonton selama pembaruan Apple Watch

Saat iPhone Anda mengunduh, menyiapkan, memverifikasi, dan menginstal pembaruan di Apple Watch Anda, pastikan Anda tidak menutup aplikasi Watch. Untuk pembaruan yang mulus, saya bahkan akan merekomendasikan Anda untuk menyimpan aplikasi Watch di layar dan membiarkan iPhone Anda tidak tersentuh untuk sementara waktu.

Tetapi jika pembaruan macet atau tidak mulai mengunduh, paksa keluar dari aplikasi Tonton, mulai ulang perangkat Anda, dan unduh ulang pembaruan.

9. Mulai ulang iPhone, Apple Watch, dan router Wi-Fi Anda

Bahkan setelah mengikuti semua hal penting di atas, jika pembaruan Apple Watch Anda berulang kali gagal diunduh, pastikan Anda mematikan iPhone dan Apple Watch. Setelah menunggu satu menit, hidupkan kembali. Lakukan hal yang sama untuk router W-Fi di rumah Anda.

10. Matikan VPN

Apakah Anda menggunakan VPN di iPhone saat mengunduh pembaruan watchOS? Jika ya, matikan dengan membuka aplikasi VPN. Lakukan hal yang sama jika Anda memiliki VPN di tingkat router.

11. Periksa Status Sistem Apple

Tidak seperti Pembaruan Perangkat Lunak macOS, tidak ada opsi khusus yang menunjukkan status pembaruan watchOS. Tetapi jika solusi di atas tidak membawa keberuntungan, kunjungi halaman Status Sistem Apple, dan jika Anda melihat simbol kuning atau merah di samping hal-hal seperti App Store, ID Apple, Akun & Masuk iCloud, Cadangan iCloud, Perangkat iOS Aktivasi, pertimbangkan untuk menunggu beberapa saat sebelum mengikuti solusi yang tersisa.

12. Setel ulang pengaturan jaringan iPhone

Jika iPhone Anda tidak berhasil mengunduh pembaruan Apple Watch, buka Pengaturan iPhone > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan Jaringan.

Setelah ini selesai, pastikan iPhone Anda terhubung ke Wi-Fi. Selanjutnya, buka aplikasi Jam Tangan > Jam Tangan Saya > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak dan unduh lagi pembaruan watchOS. Ini harus bekerja.

13. Perbaikan lainnya sebelum yang terakhir

  • Jika Anda telah mendaftarkan Apple Watch di Program Perangkat Lunak Apple Beta, hapus profil beta, mulai ulang Apple Watch, dan coba perbarui lagi.
  • Keluar dari ID Apple, mulai ulang iPhone dan Apple Watch Anda, dan masuk ke ID Apple Anda lagi. Setelah itu, ikuti langkah-langkah untuk menginstal pembaruan watchOS.
  • Ubah wilayah iPhone dengan masuk ke Pengaturan > Umum > Bahasa & Wilayah > Wilayah dan pilih negara lain. Sekarang, coba perbarui Apple Watch Anda. Berhasil atau tidak, pastikan Anda mengikuti langkah yang sama untuk beralih kembali ke lokasi yang benar.

14. Putuskan pemasangan dan hapus Apple Watch Anda dan atur lagi

Masih tidak dapat mengunduh pembaruan watchOS terbaru? Dalam hal ini, buka FAQ di bawah ini. Jika masalah berlanjut, Anda dapat memutuskan pemasangan Apple Watch dari iPhone. Ini akan menghapusnya sepenuhnya, dan Anda harus mengaturnya lagi. Setelah ini, coba perbarui Apple Watch Anda.

Bagaimana cara mengetahui berapa banyak pembaruan yang sudah diunduh?

Pada layar pembaruan, Anda hanya melihat perkiraan waktu yang tersisa. Itu tidak menampilkan berapa banyak MB atau GB file pembaruan watchOS yang telah diunduh. Tetapi Anda dapat melihat ini di dalam aplikasi Jam Tangan > Jam Tangan Saya > Umum > Penyimpanan. Di sini, lihat nama pembaruan watchOS. Pada tangkapan layar di bawah, ini adalah watchOS 8.3.

Anda dapat memeriksa ini secara berkala untuk melihat apakah jumlah di sini bertambah atau tidak. Jika ya, itu berarti pembaruan Apple Watch berhasil diunduh.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memperbarui Apple Watch?

Bergantung pada ukuran pembaruan watchOS, biasanya Apple Watch Anda membutuhkan waktu antara beberapa menit hingga satu jam untuk berhasil mengunduh, menyiapkan, memverifikasi, dan menginstal pembaruan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh juga tergantung pada kecepatan Wi-Fi Anda.

Pembaruan Apple Watch membutuhkan waktu berjam-jam! Bagaimana cara memperbaikinya?

Seperti disebutkan di atas, itu normal untuk Apple Watch Anda membutuhkan waktu hingga satu jam untuk memperbarui. Pernyataan ini terutama benar ketika ini adalah pembaruan watchOS utama. Beberapa pembaruan kecil dapat diselesaikan bahkan dalam lima menit. Tetapi jika Anda yakin ini membutuhkan waktu yang sangat lama, lihat panduan kami untuk mempercepat pembaruan perangkat lunak Apple Watch.

Bagaimana cara memperbaiki pembaruan jam tangan Apple yang dipersiapkan untuk waktu yang lama?

Setelah file pembaruan Apple Watch diunduh, perlu beberapa menit untuk menyiapkan pembaruan. Jangan tutup app Watch atau matikan iPhone atau Apple Watch Anda saat pembaruan sedang disiapkan. Tunggu sekitar 30 menit sebelum menganggap pembaruan macet.

Bisakah saya memperbarui Apple Watch tanpa iPhone?

Dimulai dengan watchOS 6, Anda dapat memperbarui Apple Watch tanpa iPhone dengan membuka aplikasi Pengaturan Apple Watch > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh dan Instal. Saat Anda melakukan ini, pastikan Apple Watch Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dikenal.

Bagaimana cara memperbaiki "Tidak Dapat Menginstal Pembaruan" di Apple Watch?

Saat Anda melihat pemberitahuan atau popup ini, pastikan Anda mengikuti persyaratan dasar untuk memperbarui Apple Watch (disebutkan di atas). Setelah itu, buka aplikasi Watch di iPhone yang dipasangkan dan coba perbarui Apple Watch Anda lagi. Ini harus bekerja.

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/01/10/how-to-fix-failing-apple-watch-update/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.


Share this post



← Older Post Newer Post →