Bagaimana cara mengetahui apakah Apple Watch Anda terhubung ke internet atau tidak

Posted by Info Fstrap on

Bagaimana cara mengetahui apakah Apple Watch Anda terhubung ke internet atau tidak

Ankur Thakur 20 Januari 2022

Anda memerlukan internet di Apple Watch untuk menggunakan Siri, melakukan panggilan FaceTime, dan lainnya. Jika Anda tidak yakin apakah Apple Watch Anda memiliki Wi-Fi, seluler, atau konektivitas internet atau tidak, tutorial ini telah membantu Anda. Ini akan menunjukkan kepada Anda berbagai cara Apple Watch Anda dapat mengakses web dan apa arti ikon konektivitas jaringan kecilnya.

Pemeriksaan Cepat

Untuk memeriksa dengan cepat apakah Apple Watch Anda memiliki konektivitas internet atau tidak, tekan Digital Crown untuk memanggil Siri. Sekarang, buat permintaan, dan jika berhasil, Apple Watch Anda terhubung ke internet.

Sebagai pemilik jam tangan, jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang topik ini, silakan lanjutkan membaca.

Konektivitas Internet di Apple Watch

Apple Watch dapat terhubung ke internet melalui tiga cara – Wi-Fi, seluler (pada model seluler), atau menggunakan internet iPhone Anda.

Untuk memulai, buka Pusat Kontrol watchOS dengan menggesek ke atas pada tampilan jam. Jika Anda berada di dalam aplikasi, tekan dan tahan bagian bawah layar arloji dan tarik ke atas untuk membuka Pusat Kontrol. Apple Watch Anda terhubung ke internet jika Anda melihat salah satu dari tiga ikon yang disebutkan di bawah.

1. Ikon iPhone Hijau

Ini berarti Apple Watch Anda terhubung ke iPhone Anda melalui Bluetooth, dan dapat menggunakan internet iPhone Anda. Anda paling sering melihat ikon ini.

Meskipun Anda mematikan Wi-Fi di Apple Watch, perangkat yang dapat dikenakan akan menggunakan seluler iPhone Anda (5G, 4G, 3G) atau koneksi Wi-Fi iPhone untuk mengakses internet. Tetapi jika data seluler dan Wi-Fi juga mati di iPhone Anda, jam tangan juga jelas kehilangan akses internet.

Kasus Penggunaan: iPhone Anda sedang diisi dayanya di meja terdekat, dan Anda melakukan panggilan audio FaceTime dari Apple Watch atau menggunakan Siri di atasnya.

2. ikon Wi-Fi

Saat Apple Watch Anda tidak terhubung ke iPhone, tetapi hanya ke jaringan Wi-Fi yang dikenal, Anda akan melihat ikon Wi-Fi biru kecil alih-alih ikon iPhone hijau. Ini berarti, Apple Watch Anda dapat terhubung ke internet bahkan tanpa iPhone.

Untuk memeriksa, buka Pengaturan iPhone (bukan Pusat Kontrol) dan matikan Bluetooth dan Wi-Fi. Ini akan memutuskan sambungan Apple Watch dan iPhone. Dalam beberapa detik, ikon iPhone hijau kecil di Pusat Kontrol Apple Watch Anda akan digantikan oleh ikon Wi-Fi.

Kasus Penggunaan: Anda di rumah atau di kantor, dan iPhone Anda dimatikan. Apple Watch Anda terhubung secara independen ke Wi-Fi yang diketahui sebelumnya bergabung dan dapat melakukan panggilan audio FaceTime, menggunakan Siri, mengunduh aplikasi, dll., di pergelangan tangan Anda.

3. Batang atau titik hijau

Jika Anda memiliki model seluler Apple Watch dan Anda berada di luar jangkauan iPhone atau Wi-Fi yang dikenal, jam tangan Anda akan menggunakan data seluler untuk menggunakan Siri, melakukan panggilan FaceTime, dan semua hal lain yang memerlukan internet.

Ikon menara seluler oval hijau besar menandakan Apple Watch Anda terhubung ke data seluler. Dan bilah hijau kecil (atau titik) menunjukkan kekuatan sinyal.

Sumber: Apple (Dalam versi watchOS modern, titik diganti dengan bilah di tengah atas Pusat Kontrol.)

Kasus Penggunaan: Anda pergi lari pagi, meninggalkan iPhone Anda. Apple Watch seluler Anda dapat menggunakan data seluler untuk melakukan panggilan FaceTime, menggunakan peta, dll.

Apa arti ikon iPhone bergaris merah di Apple Watch?

Ikon telepon merah kecil berarti Apple Watch Anda terputus dari iPhone. Setelah Anda mengaktifkan Bluetooth di iPhone dan Apple Watch, perangkat terhubung kembali. Akibatnya, ikon iPhone merah diganti dengan ikon iPhone hijau biasa.

Jika iPhone Anda tidak berada di dekat Anda, tetapi jam tangan Anda terhubung ke Wi-Fi atau seluler (pada model seluler), ikon iPhone merah ini tidak muncul di Pusat Kontrol.

Cara mengakses Wi-Fi di Apple Watch

1) Buka Pengaturan dan ketuk Wi-Fi.

2) Ketuk sakelar Wi-Fi untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya.

3) Jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan Apple Watch Anda muncul di bawah Wi-Fi. Ketuk untuk mengubah pengaturan Gabung Otomatis atau Lupakan Jaringan Ini. Jaringan lain tercantum di bawah Pilih Jaringan. Anda dapat mengetuk satu dari sini untuk menghubungkan Apple Watch Anda dengannya.

Ikon Wi-Fi juga ada di WatchOS Control Center.

Cara mengakses Bluetooth di Apple Watch

1) Buka Pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk Bluetooth.

2) Lewati perangkat Bluetooth yang terhubung atau iCloud Anda (seperti AirPods) untuk melihat sakelar Bluetooth. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Bluetooth dari sini. Ketuk (i) di sebelah nama perangkat untuk melupakan/menghapusnya.

Karena Apple Watch dan iPhone Anda terhubung satu sama lain melalui Bluetooth, Pusat Kontrol watchOS tidak memiliki ikon Bluetooth untuk mencegah pengguna mematikannya secara tidak sengaja atau cepat.

Apple Watch dan iPhone Anda menggunakan kombinasi Bluetooth dan Wi-Fi untuk AirDrop, AirPlay, Cari Milik Saya, layanan lokasi, mentransfer tangkapan layar dengan cepat dari Apple Watch ke iPhone, dan banyak lagi.

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/01/20/internet-connectivity-on-apple-watch/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.


Share this post



← Older Post Newer Post →