Apa itu Cadangan Daya di perangkat Apple? Bagaimana cara kerjanya? Apa gunanya?

Posted by Info Fstrap on

Apa itu Cadangan Daya di perangkat Apple? Bagaimana cara kerjanya? Apa gunanya?

Christian Zibreg 13 Januari 2022

Mode Cadangan Daya memungkinkan Anda menggunakan fitur tertentu saat baterai hampir habis atau perangkat mati total. Ini menjalankan perangkat Anda dengan energi rendah hingga baterai benar-benar habis, memungkinkan Anda mengakses fitur seperti Apple Pay yang tidak memerlukan sistem operasi untuk aktif dan berjalan. Dalam panduan ini, kita akan menjelajahi cara kerja Cadangan Daya, melihat perangkat mana yang mendukung fitur praktis ini, dan mempelajari apa yang dapat Anda lakukan dengannya.

Apa itu Power Reserve, fitur yang diremehkan Apple?

Cadangan Daya pada awalnya dikembangkan untuk Apple Watch, kemudian dibawa ke iPhone dengan iOS 12. Cadangan Daya membuat fungsi tertentu tetap tersedia saat baterai berjalan terlalu rendah. Sesuai dengan desainnya, Cadangan Daya membantu memperpanjang masa pakai baterai yang tersisa dan akan berguna dalam berbagai situasi di mana baterai telah habis.

Bagaimana cara kerja Cadangan Daya di iPhone?

Anda dapat memanfaatkan Cadangan Daya jika iPhone Anda menggunakan perangkat lunak iOS 14 atau yang lebih baru. Dengan Cadangan Daya di iPhone, Anda dapat mengakses fitur tertentu meskipun daya baterai tidak cukup untuk mem-boot sistem operasi itu sendiri.

Berkat silikon rancangan Apple, tag NFC, dan cara perusahaan merancang iPhone, kartu transit, pass, dan kunci digital Anda tersedia untuk digunakan dalam mode Cadangan Daya hingga lima jam saat perangkat perlu diisi daya.

Bagaimana cara kerja Cadangan Daya di Apple Watch?

Cadangan Daya menghemat baterai Apple Watch yang tersisa saat Anda kehabisan daya dengan membatasi fungsionalitas perangkat tidak lebih dari penunjuk waktu tanpa akses ke aplikasi atau pemberitahuan atau pelacakan aktivitas atau apa pun semacam itu. Saat jam tangan “hampir kehabisan daya”, catat Apple, jam tangan akan masuk ke mode Cadangan Daya secara otomatis. Baca: Cara memperpanjang masa pakai baterai di Apple Watch

Apple Watch memiliki daya tahan baterai sepanjang hari selama 18 jam dengan sekali pengisian daya, dengan penggunaan yang beragam. Menempatkan perangkat dalam mode Cadangan Daya, bagaimanapun, memperpanjang waktu pengoperasian Anda hingga 72 jam. Tidak ada yang akan menggunakan Apple Watch mereka dalam mode Cadangan daya sepanjang hari, tetapi ini memberi Anda perkiraan kasar tentang seberapa hemat daya mode Cadangan Daya.

Saat baterai arloji turun hingga sepuluh persen, watchOS memasang peringatan yang menanyakan apakah Anda ingin masuk ke mode Cadangan Daya. Namun, jika baterai terlalu rendah, perangkat akan secara otomatis mengaktifkan Cadangan Daya dan menampilkan ikon baterai lemah di sebelah waktu.

Fitur iPhone tersedia di Power Reserve

Anda dapat menggunakan akses fitur berikut di iPhone Anda dalam mode Cadangan Daya:

  • Transaksi Kartu Ekspres: Gunakan kartu digital Anda di aplikasi Wallet di Power Reserve
  • Menemukan iPhone: Temukan iPhone Anda di Power Reserve

Transaksi Express Card di Power Reserve

Dengan model iPhone 2018+ apa pun (iPhone Xs/Xr atau lebih baru), Anda dapat menggunakan kartu, pass, dan kunci di aplikasi Wallet hanya dengan satu ketukan hingga lima jam dalam mode Cadangan Daya. Jadi, jika ponsel Anda kehabisan daya, Anda tidak akan terkunci.

Menurut panduan Keamanan Platform Apple, ini bekerja secara otomatis dengan:

  • Kartu pembayaran atau transit yang ditunjuk sebagai kartu Express Transit
  • Kartu ID Pelajar dengan Mode Ekspres dihidupkan
  • Tiket resor dengan Mode Ekspres diaktifkan
  • Kunci rumah, mobil, dan kamar hotel dengan Mode Ekspres diaktifkan

Jadi cukup ketuk iPhone Anda di Power Reserve ke mobil Anda untuk membukanya seperti biasa.

Menemukan iPhone Anda di Power Reserve

Jika iPhone Anda menjalankan perangkat lunak iOS 15 atau lebih baru dan fitur Cari Jaringan Saya dihidupkan, Anda dapat menemukannya dengan aplikasi Cari Milik Saya hingga 24 jam setelah Anda memulai penonaktifan (dengan iOS 15.0 atau lebih baru) atau hingga lima jam saat ponsel dalam mode Cadangan Daya (dengan iOS 15.2 atau lebih baru). Kemampuan ini membutuhkan perangkat keras iPhone dengan dukungan pita lebar ultra, yang mencakup semua model dari iPhone 11 2019 dan seterusnya.

Aktifkan fitur Temukan jaringan Saya untuk menemukan iPhone Anda di Power Reserve

Fitur Apple Watch tersedia di Power Reserve

Anda hanya dapat memberi tahu waktu saat ini saat Apple Watch Anda dalam mode Cadangan Daya. Anda tidak dapat menggunakan app Apple Watch apa pun saat jam tangan masuk ke mode Cadangan Daya.

Model iPhone dengan dukungan Cadangan Daya

Power Reserve berfungsi di semua iPhone yang kompatibel dengan iOS 14.0 atau lebih baru.

  • iPhone 13 (2021)
  • iPhone 13 mini (2021)
  • iPhone 13 Pro (2021)
  • iPhone 13 Pro Max (2021)
  • iPhone 12 (2020)
  • iPhone 12mini (2020)
  • iPhone 12 Pro (2020)
  • iPhone 12 Pro Max (2020)
  • iPhone 11 (2019)
  • iPhone 11 Pro (2019)
  • iPhone 11 Pro Max (2019)
  • iPhone Xs (2018)
  • iPhone Xs Max (2018)
  • iPhone Xr (2018)
  • iPhone X (2017)
  • iPhone 8 (2017)
  • iPhone 8 Plus (2017)
  • iPhone 7 (2016)
  • iPhone 7 Plus (2016)
  • iPhone 6s (2015)
  • iPhone 6s Plus (2015)
  • iPhone SE (generasi ke-1, 2016)
  • iPhone SE (generasi ke-2, 2020)
  • iPod touch (generasi ke-7, 2019)

Perhatikan bahwa persyaratan sistem ini adalah untuk fitur Cadangan Daya itu sendiri. Beberapa fitur yang terus tersedia saat Cadangan Daya aktif, seperti Transit Ekspres, mungkin memerlukan model iPhone tertentu.

Model Apple Watch dengan dukungan Cadangan Daya

Semua model Apple Watch yang dirilis hingga saat ini mendukung Power Reserve.

  • Apple Watch Seri 0 (2015)
  • Apple Watch Seri 1 (2016)
  • Apple Watch Seri 2 (2016)
  • Apple Watch Seri 3 (2017)
  • Apple Watch Seri 4 (2018)
  • Apple Watch Seri 5 (2019)
  • Apple Watch SE (2020)
  • Apple Watch Seri 6 (2020)
  • Apple Watch Seri 7 (2021)

Apple mungkin akan memperluas fungsionalitas Cadangan Daya dengan pembaruan perangkat lunak di masa mendatang, dengan menyediakan fungsi penting tambahan dalam mode Cadangan Daya.

Cara memasukkan Cadangan Daya di iPhone

Anda tidak perlu memasukkan Power Reserve secara manual, iOS akan secara otomatis menyalakannya setiap kali baterai iPhone habis. Ini adalah dengan desain. Apple tidak ingin membebani Anda dengan memikirkan tentang mengaktifkan Cadangan Daya secara manual. Jadi, saat baterai Anda habis yang menyebabkan ponsel mati dan Anda tanpa pengisi daya—Anda akan bersyukur mengetahui bahwa Anda masih dapat membuka kunci mobil atau membayar perjalanan angkutan umum Anda.

Power Reserve memungkinkan Anda menemukan iPhone Anda setelah dimatikan

Untuk menampilkan daftar semua kartu, pass, dan kunci yang tersedia untuk digunakan di Power Reserve, cukup tekan tombol samping iPhone Anda (juga dikenal sebagai tombol atas atau tombol daya) atau tombol Beranda di iPhone SE 2 Anda. Anda akan melihat ikon baterai lemah disertai dengan pesan yang menyatakan bahwa Kartu Ekspres Anda tersedia untuk digunakan.

Inilah deskripsi Apple tentang cara kerja semuanya:

Pengontrol NFC melakukan transaksi Kartu Ekspres dalam kondisi yang sama seperti saat iOS berjalan, kecuali bahwa transaksi hanya ditunjukkan dengan pemberitahuan haptic (tidak ada pemberitahuan yang terlihat yang ditampilkan).

Transaksi Kartu Ekspres tidak memerlukan otentikasi ID Wajah atau ID Sentuh.

Apple mencatat bahwa, untuk alasan apa pun, transaksi yang diselesaikan mungkin memerlukan beberapa detik untuk muncul di iPhone SE generasi kedua. Selain itu, transaksi Kartu Ekspres tidak tersedia saat Anda melakukan shutdown standar (artinya ponsel Anda sendiri belum mengaktifkan mode Cadangan Daya secara otomatis karena baterai terlalu lemah).

Ingatlah hal ini: Tindakan menekan tombol samping dapat “seringkali secara signifikan mengurangi cadangan daya”, seperti yang diperingatkan dalam dokumen dukungan Apple. Oh, dan peringatan ini: Pesan konfirmasi untuk pembayaran nirsentuh tidak muncul di jendela jam Lengan Kulit iPhone saat ponsel dalam mode cadangan daya Kartu Ekspres.

Cara keluar dari Cadangan Daya di iPhone

Anda tidak perlu menonaktifkan mode Cadangan Daya secara manual karena iOS akan secara otomatis keluar dari Cadangan Daya segera setelah iPhone menyala setelah Anda mengisi dayanya.

Cara memasukkan Cadangan Daya di Apple Watch

Cadangan Daya dihidupkan secara otomatis saat baterai Apple Watch terlalu rendah. Anda juga akan melihat peringatan sepuluh persen yang menanyakan apakah Anda ingin menggunakan Power Reserve. Jika jam tangan Anda menjadi terlalu panas, jam tangan akan beralih ke Cadangan Daya atau mode tidur nyenyak hingga mendingin. Dan tidak seperti iPhone, Anda dapat memasukkan Power Reserve secara manual, dengan dua cara. Pertama, melalui Pusat Kontrol. Dan kedua, menggunakan komplikasi Baterai sebagai jalan pintas.

Menggunakan Pusat Kontrol watchOS

Ini adalah bagaimana Anda memasukkan Cadangan Daya melalui overlay Pusat Kontrol di watchOS.

1) Sentuh dan tahan bagian bawah layar, lalu geser ke atas untuk membuka Pusat Kontrol

2) Sentuh ikon persentase baterai di Pusat Kontrol Anda

3) Seret penggeser berlabel "Cadangan Daya" ke kanan, lalu pilih "Lanjutkan"

Dengan Cadangan Daya dihidupkan, tidak ada fitur selain waktu saat ini yang tersedia tetapi Anda harus menekan tombol samping untuk menampilkannya. Apple mencatat bahwa Apple Watch dan iPhone Anda tidak akan berkomunikasi dalam Cadangan daya, "dan Anda tidak dapat mengakses fitur jam tangan lainnya."

 Apple Watch ini dalam mode Cadangan Daya

Bagaimana Anda tahu bahwa Apple Watch Anda dalam mode Cadangan Daya? Nah, Anda dapat mengetahui bahwa Cadangan Daya diaktifkan pada perangkat dengan melirik layarnya—jika Cadangan Daya dihidupkan, Anda tidak akan melihat apa pun selain waktu yang tertulis dalam format digital serba hijau bersama dengan baterai rendah. ikon yang ditampilkan di sebelahnya.

Menggunakan komplikasi Apple Watch

Pendekatan kedua menggunakan komplikasi Baterai Apple, yang dapat Anda tambahkan ke tampilan jam favorit untuk membuat Anda lebih cepat ke pengaturan Cadangan Daya.

  1. Sentuh dan tahan tampilan jam Anda, lalu pilih "Sesuaikan"
  2. Geser ke kiri hingga Anda mencapai komplikasi dan temukan tempat untuk komplikasi Baterai
  3. Klik Digital Crown untuk menyelesaikan penambahan komplikasi dan kembali ke tampilan jam

Sekarang kapan pun Anda ingin masuk ke mode Cadangan Daya, cukup sentuh komplikasi pada tampilan jam favorit Anda untuk langsung membuka antarmuka Cadangan Daya.

Cara keluar dari Cadangan Daya di Apple Watch

Untuk keluar dari mode Cadangan Daya, tekan dan tahan tombol samping hingga Anda melihat logo Apple yang sudah dikenal, lalu lepaskan dan tunggu hingga perangkat melakukan boot ulang. Baterai Anda harus memiliki daya setidaknya sepuluh persen agar jam tangan dapat dihidupkan ulang. Jika daya baterai terlalu rendah untuk melakukan boot ulang, colokkan jam tangan ke daya dan coba boot ulang sekali lagi setelah beberapa menit.

Penutup: Cadangan Daya meregangkan baterai Anda lebih lama

Mode Cadangan Daya dirancang untuk memperpanjang sisa daya baterai iPhone dan Apple Watch Anda. Dan itu melakukan pekerjaan itu dengan baik. Saat ini, hanya beberapa fitur yang tersedia di Power Reserve. Yang mengatakan, jelas Apple merancang fitur ini agar dapat diskalakan dan tahan di masa depan, jadi memperluas Cadangan Daya ke fitur sistem tambahan di masa depan tidak sepenuhnya mustahil.

 

     

     

    (Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/01/13/apple-power-reserve-guide/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.

     


    Share this post



    ← Older Post Newer Post →