Cara menggunakan alamat Wi-Fi pribadi di perangkat Apple untuk melindungi dari pelacakan dan pembuatan profil

Posted by Info Fstrap on

Cara menggunakan alamat Wi-Fi pribadi di perangkat Apple untuk melindungi dari pelacakan dan pembuatan profil

Alamat Wi-Fi pribadi melindungi privasi Anda dengan mengurangi pelacakan iPhone, iPad, iPod touch, dan Apple Watch Anda di berbagai jaringan nirkabel. Dalam tutorial ini, Anda akan mempelajari cara mengaktifkan alamat Wi-Fi pribadi di perangkat Apple Anda untuk lebih melindungi privasi Anda.

Inilah yang akan Anda pelajari dalam hal ini

1) Tentang alamat Wi-Fi

2) Cara menggunakan alamat Wi-Fi pribadi

2.1) iPhone dan iPad

2.2) Apple Watch

3) Masalah dengan alamat Wi-Fi pribadi?

Tentang alamat Wi-Fi

Apple menulis :

" Untuk berkomunikasi dengan jaringan Wi-Fi, perangkat harus mengidentifikasi dirinya sendiri ke jaringan menggunakan alamat jaringan unik yang disebut alamat kontrol akses media (MAC). Jika perangkat selalu menggunakan alamat MAC Wi-Fi yang sama di semua jaringan, operator jaringan dan pengamat jaringan lainnya dapat lebih mudah menghubungkan alamat tersebut dengan aktivitas jaringan dan lokasi perangkat dari waktu ke waktu. Ini memungkinkan semacam pelacakan atau pembuatan profil pengguna, dan ini berlaku untuk semua perangkat di semua jaringan Wi-Fi."

Dengan iOS 14, iPadOS 14, dan watchOS 7, Anda dapat mengatur iPhone, iPad, iPod touch, dan Apple Watch untuk menggunakan alamat MAC yang berbeda untuk setiap jaringan nirkabel. Melakukannya mengurangi risiko pelacakan, meningkatkan privasi online Anda. Dengan alamat MAC bermodel baru, jaringan tidak dapat mengekstrak informasi pengenal seperti nama perangkat, merek, jenis, dan sebagainya.

" Jadi, jika Anda selalu menggunakan alamat MAC perangkat Anda yang sebenarnya di, katakanlah, Starbucks lokal Anda, akan mudah untuk secara unik mengidentifikasi perangkat itu dan melacak Anda. Karena alamat acak terlihat sebagai perangkat jaringan baru, ini mungkin menyebabkan Anda melihat peringatan 'perangkat jaringan baru' setiap kali Anda masuk ke jaringan rumah."

Untungnya, Anda dapat mengubah pengaturan Wi-Fi Anda untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alamat pribadi.

Cara menggunakan alamat Wi-Fi pribadi

Ikuti tutorial di sub-bagian yang disertakan di depan untuk mempelajari cara mengacak alamat MAC perangkat Anda hanya dengan beberapa langkah cepat. Ingatlah bahwa ini adalah pengaturan per jaringan yang harus diaktifkan secara manual untuk setiap jaringan nirkabel yang Anda gunakan.

iPhone dan iPad

Untuk mengalihkan iPhone dan iPad Anda dari menggunakan alamat MAC sebenarnya ke mengacak alamat MAC-nya, Anda perlu mengaktifkan tombol "Alamat Pribadi" di setelan Wi-Fi:

1) Buka Pengaturan di iPhone atau iPad Anda.

2) Pilih "Wi-Fi" dari daftar root.

3) Sentuh nama jaringan tempat Anda bergabung.

4) Geser tombol "Alamat Pribadi" ke posisi AKTIF untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan fitur diaktifkan, sambungkan ke Wi-Fi seperti biasa.

Sebaliknya, geser sakelar ke posisi OFF untuk menonaktifkan fitur tersebut. Jika perangkat saat ini menggunakan jaringan tanpa mengaktifkan alamat pribadi, Anda mungkin melihat peringatan privasi.

Apple Watch

Untuk mengalihkan Apple Watch Anda dari menggunakan alamat MAC sebenarnya ke alamat MAC acak, Anda harus mengaktifkan sakelar "Alamat Pribadi" di pengaturan Wi-Fi:

1) Tekan Digital Crown di Apple Watch Anda, lalu buka app Pengaturan.

2) Pilih "Wi-Fi" dari daftar root.

3) Sentuh "i" di samping nama jaringan tempat Anda bergabung.

4) Geser tombol "Alamat Pribadi" ke posisi AKTIF untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Dengan fitur diaktifkan, sambungkan ke Wi-Fi seperti biasa.

Sebaliknya, geser tombol ke posisi OFF untuk menonaktifkan alamat Wi-Fi pribadi.

Masalah dengan alamat Wi-Fi pribadi?

Beberapa router dapat dikonfigurasi untuk memberi tahu Anda jika perangkat baru (sebagaimana ditentukan oleh alamat MAC uniknya) bergabung ke jaringan. Misalnya, router Anda mungkin mendukung fitur ini untuk memberi tahu Anda jika tetangga atau aktor jahat mencoba menyambung ke jaringan Anda. Dalam hal ini, Anda mungkin melihat pemberitahuan ketika perangkat Anda sendiri dengan alamat pribadi pertama kali bergabung dengan jaringan.

→ Cara menyambungkan ke jaringan Wi-Fi dari Pusat Kontrol

Apple menyarankan agar pengaturan tetap aktif untuk semua jaringan yang mendukungnya. Namun, Anda mungkin mengalami masalah dengan router dan konfigurasi jaringan tertentu, yang mengakibatkan akses Internet terbatas atau tidak ada saat menggunakan alamat pribadi. Jika Anda melihat pesan di setelan Wi-Fi yang menyatakan bahwa jaringan tidak memiliki akses Internet, coba aktifkan Mode Pesawat selama beberapa detik, lalu nonaktifkan. Jika itu tidak memperbaikinya, hentikan penggunaan alamat pribadi dengan jaringan itu.

“Jika Anda menghapus semua konten dan pengaturan dari perangkat Anda atau menggunakan fitur Atur Ulang Pengaturan Jaringan, perangkat Anda akan menggunakan alamat Wi-Fi pribadi yang berbeda saat terhubung ke jaringan Wi-Fi lagi,” Apple menjelaskan.

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2020/11/05/private-wi-fi-address-apple-tutorial/#About-Wi-Fi-addresses dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)

 

 

 


Share this post



← Older Post Newer Post →