Cara mengaktifkan & menggunakan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch

Posted by Laila Kodrati on

Cara mengaktifkan & menggunakan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch

Apple Watch Series 4 menghadirkan fitur pendeteksi jatuh baru, diaktifkan secara otomatis jika Anda berusia 65 tahun ke atas. Dengan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch, jika Anda tetap tidak bergerak atau tidak merespons selama satu menit sebagai akibat dampak jatuh yang keras, apple watch menempatkan panggilan yang berpotensi menyelamatkan jiwa ke layanan darurat dan mengirim pesan ke kontak darurat Anda. Ikuti langkah-langkah dalam tutorial ini untuk mempelajari cara menghidupkan dan menggunakan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch.

Fitur yang kami harap tidak pernah Anda butuhkan

"Pendeteksian jatuh adalah fitur yang kami harap Anda tidak pernah butuhkan, tetapi sangat menyenangkan untuk mengetahuinya," kata Jeff Williams, Chief Operating Officer Apple, pada acara "Gather round" September 2018.

  • Apple Watch Series 4 mendeteksi jatuh dan memeriksa Anda.
  • Aktif untuk pengguna berusia 65+, deteksi jatuh juga dapat dihidupkan secara manual.
  • Deteksi jatuh mulai beraksi ketika sensor dalam pesawat mendeteksi dampak jatuh yang keras.
  • Jam tangan Anda membunyikan alarm dan menampilkan peringatan.
  • Jika Anda tidak merespons, arloji tersebut menghubungi layanan darurat.

Apple watch merangkumnya dengan sangat baik:

''Dengan accelerometer dan giroskop baru, Apple Watch Series 4 dapat mendeteksi bahwa Anda telah jatuh. Ketika insiden seperti ini terjadi, peringatan jatuh tiba-tiba disampaikan dan Anda dapat dengan mudah melakukan panggilan ke layanan darurat atau mengabaikan peringatan tersebut. Jika Anda tidak merespons setelah 60 detik, panggilan darurat akan dilakukan secara otomatis dan pesan dengan lokasi Anda akan dikirim ke kontak darurat Anda''.

Persyaratan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch

Inilah yang Anda butuhkan sebelum dapat memanfaatkan fitur ini:

  • Apple Watch Series 4 atau lebih baru
  • watchOS 5 atau lebih baru
  • Deteksi pergelangan tangan harus diaktifkan

Karena deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch membutuhkan sensor accelerometer dan giroskop yang lebih sensitif daripada model lama, fitur ini eksklusif untuk jam tangan Seri 4. Sebagai permulaan, sensor gyro dan akselerometer di Apple Watch Series 4 mampu mendeteksi dua kali rentang dinamis dan hingga 32 g-gaya.

Dipasangkan dengan chip Apple S4 yang lebih cepat, jam tangan Seri 4 Anda dapat membaca data gerakan hingga delapan kali lebih cepat daripada model lama yang memungkinkannya untuk mewujudkan fitur seperti pendeteksian jatuh. Data dari sensor-sensor ini diumpankan ke algoritma pembelajaran mesin Apple untuk menganalisis lintasan pergelangan tangan Anda dan akselerasi dampak dan menentukan apakah kejatuhan telah terjadi.

Cara mengaktifkan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch

Deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch dapat diaktifkan secara manual kapan saja.

  • Luncurkan aplikasi Tontonan di iPhone pasangan Anda.
  • Pilih tab Tonton Saya.
  • Ketuk SOS Darurat,
  • Geser sakelar yang berlabel Fall Detection ke posisi ON.

    Melakukannya memungkinkan fitur deteksi jatuh pada arloji ini.

    Dengan deteksi jatuh yang diatur, saatnya untuk memasuki usia Anda (kecuali Anda sudah memasukkannya saat mengatur arloji atau di aplikasi Kesehatan), serta mengedit ID Medis Anda dan menambahkan kontak darurat sehingga fitur SOS Darurat adalah dapat mengirim pesan kepada orang yang Anda pilih dengan lokasi setelah Anda jatuh.

    • Buka aplikasi Kesehatan di iPhone Anda.
    • Ketuk tab ID Medis.
    • Ketuk Edit jika Anda sudah memiliki ID Medis atau Buat ID Medis untuk memulai dari awal.
    • Masukkan tanggal lahir Anda sehingga arloji mengetahui usia Anda. Anda disarankan untuk mengisi informasi kesehatan lainnya juga, seperti obat yang Anda minum, apakah Anda donor organ dll.

    Atau, masukkan usia Anda di bagian Kesehatan aplikasi Tonton iOS 12

    Anda juga dapat mengatur usia Anda di aplikasi Kesehatan pada iPhone pasangan Anda: pilih tab jam tangan Saya, lalu pilih Kesehatan dari daftar, ketuk Edit dan isi informasi Anda.

    • Untuk menambahkan kontak darurat, ketuk ikon tambah hijau di bawah Kontak Darurat, lalu pilih kontak yang diinginkan dari buku alamat Anda dan secara opsional tambahkan hubungannya.

    Anda dapat menambahkan beberapa kontak darurat, jika mau, tetapi Anda tidak dapat menetapkan layanan darurat sebagai kontak darurat Anda. Untuk menghapus kontak darurat, ketuk ikon menghapus di sebelah kontak dan tekan Hapus.

    Jangan ragu untuk mengaktifkan Tampilkan Saat Terkunci yang akan membuat ID Medis tersedia dari layar Kunci. Ini memungkinkan orang membantu Anda dalam situasi darurat dengan menahan tombol Samping di jam tangan Anda hingga slider ID Medis muncul, lalu menyeretnya ke kanan.

    • Ketuk Selesai untuk menyimpan perubahan ke ID Medis Anda.

    Sebagai langkah terakhir, pastikan deteksi pergelangan tangan telah dihidupkan. Ini diperlukan, antara lain, agar arloji dapat secara otomatis memanggil layanan darurat saat jatuh.

    • Buka Pengaturan di arloji atau aplikasi Arloji di iPhone.
    • Ketuk Kode Sandi.
    • Geser toggle Wrist Detection ke posisi ON.

    Deteksi pergelangan tangan mengunci jam tangan Anda secara otomatis ketika tidak dipakai sehingga informasi Anda tetap aman (Anda tidak dapat menggunakan deteksi pergelangan tangan tanpa kode sandi).

    Sekarang setelah Anda siap, seberapa tepatnya seseorang menggunakan deteksi jatuh?

    Cara menggunakan deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch 

    Inilah yang dilakukan arloji setelah mendeteksi Anda jatuh, tersandung atau terpeleset saat memakainya:

    • Mengetukmu di pergelangan tangan.
    • Terdengar alarm.
    • Menampilkan peringatan jatuh.

    Peringatan ini menawarkan tiga opsi:

    • SOS Darurat: Hubungi bantuan, beri tahu kontak darurat Anda dan catat jatuhnya aplikasi Kesehatan.
    • Saya jatuh, tapi saya baik-baik saja: Singkirkan lansiran, beri tahu arloji bahwa Anda baik-baik saja dan catat penurunan di aplikasi Kesehatan.
    • Saya tidak jatuh: Abaikan lansiran dan biarkan arloji mengetahuinya salah membaca data.

    Mengetuk "Saya jatuh, tapi saya baik-baik saja" atau "Saya tidak jatuh" menghilangkan peringatan tanpa memanggil layanan darurat (bonus: membantu meningkatkan algoritma pendeteksian jatuh dari waktu ke waktu).

    Jika Anda tetap ingin memanggil layanan darurat, seret penggeser SOS Darurat dalam peringatan. Jika ada beberapa nomor layanan darurat di negara Anda, arloji akan memanggil nomor yang terkait dengan layanan ambulans. Arloji tidak akan melakukan panggilan otomatis 911 selama Anda bergerak setelah jatuh, dalam hal ini ia hanya menunggu Anda untuk merespons lansiran.

    Ini adalah urutan hal-hal yang terjadi jika arloji Anda merasakan sedikit atau tidak ada gerakan, atau imobilitas total selama 60 detik setelah pemberitahuan, atau Anda tidak mengabaikan peringatan tepat waktu.

    • Hitungan mundur SOS: Hitungan mundur darurat SOS 15 detik dimulai.
    • Umpan balik Haptic: Jam tangan mengetuk pergelangan tangan Anda selama 15 detik.
    • Tanda suara: Tanda terdengar, semakin keras sehingga Anda atau seseorang di dekatnya dapat mendengarnya.
    • SOS Darurat: Ketika hitungan mundur berakhir, arloji secara otomatis menghubungi layanan darurat. Selain itu, ia mengirim pesan ke kontak darurat di ID Medis Anda dengan lokasi Anda, memberi tahu mereka bahwa Anda mengalami kejatuhan serius dan arloji Anda telah memutar layanan darurat.

    Jika apple watch mulai memanggil layanan darurat, Anda masih dapat mengetuk Batal untuk membatalkan tindakan.

    Jika apple watch memang memanggil layanan darurat, Anda dapat mengakhirinya jika Anda tidak lagi membutuhkan perawatan darurat dengan mengetuk tombol Akhiri Panggilan, lalu konfirmasikan operasi dengan mengetuk Ya.

    Menonaktifkan deteksi pergelangan tangan akan mencegah jam tangan dari layanan darurat panggilan otomatis.

    Deteksi jatuh dan alarm palsu

    Deteksi jatuh tentu tidak sempurna. Menurut Apple sendiri, semakin aktif Anda secara fisik, semakin besar kemungkinan Anda memicu alarm pendeteksi jatuh palsu.

    ''Apple Watch tidak dapat mendeteksi semua jatuh. Semakin aktif Anda secara fisik, semakin besar kemungkinan Anda memicu deteksi jatuh karena aktivitas berdampak tinggi yang dapat tampak seperti jatuh".

    Apple merancang pendeteksi jatuh untuk mengidentifikasi jenis jatuh yang dapat menimbulkan ancaman serius terhadap cedera atau membuat Anda jatuh pingsan. Sebagaimana dibuktikan oleh video yang disematkan di bawah ini, beberapa pengulas telah mencoba - dan gagal - untuk memicu fitur dengan melemparkan diri mereka ke busa dan permukaan lunak lainnya.

    Joanna Stern dari The Wall Street Journal mungkin telah menulis ulasan terbaik untuk Seri 4. Dia tidak hanya menguji aspek-aspek lain dari apple watch tetapi juga menyewa akrobat Hollywood profesional untuk melakukan trip, tergelincir dan membalik melalui beberapa pengujian serius dalam upaya untuk memicu deteksi jatuh.

    Lihatlah kutipan yang relevan ini dari ulasannya:

    ''Selama dua minggu saya digunakan, arloji tidak pernah mengeluarkan false positive. Tidak peduli seberapa keras saya mencoba membanting tangan saya di atas meja atau jatuh ke sofa saya, saya tidak dapat memicunya. Jadi, kami merekrut Evelyn Osorio Vaccaro, aktor akrobat profesional yang jatuh — sulit — mencari nafkah".

    Selama serangkaian setidaknya 20 slip, perjalanan dan jatuh mundur, arloji mendeteksi semuanya — dengan pengecualian maju jatuh dari bukit. Dalam setiap kasus, itu penuh dengan peringatan dan opsi untuk memanggil layanan darurat. Ketika Evelyn tetap tidak bergerak selama sekitar satu menit, ia mulai menghitung mundur 15 detik untuk menelepon 911.

    Hal terbaik yang Anda tonton sendiri adalah video Seri 4 Joanna.

    Deteksi jatuh dengan menggunakan Apple Watch bukan hanya untuk orang tua.

    Sebenarnya, kami menyarankan agar semua pemilik Seri 4 segera mengisi informasi ID Medis mereka dan mengaktifkan deteksi jatuh, untuk berjaga-jaga.

    Tidak masalah jika Anda seorang atlet profesional, 20-an di atas skateboard memandang ke bawah ke teleponnya atau seorang senior yang menikmati masa pensiun Anda — ini semua adalah faktor risiko yang berkontribusi terhadap cedera tergelincir, tersandung, dan jatuh.

    Cara memeriksa riwayat jatuh Anda

    Ini mudah karena setiap jatuh yang terdeteksi secara otomatis direkam di aplikasi Kesehatan pada iPhone yang dipasangkan kecuali Anda memberi tahu arloji bahwa Anda tidak jatuh ketika diminta.

    Untuk memeriksa riwayat jatuh Anda, ikuti langkah-langkah ini:

    • Buka aplikasi Kesehatan di iPhone Anda.
    • Ketuk tab Data Kesehatan.
    • Pilih Hasil dari daftar.
    • Ketuk entri berlabel Jumlah Kali Jatuh.

    Saya belum mengalami kejatuhan signifikan akhir-akhir ini, dan itu pertanda yang menggembirakan

    • Ketuk D, W, M atau Y di bagian atas untuk melihat semua catatan jatuh hari ini, dalam minggu, bulan atau tahun terakhir.

      Dan begitulah kue hancur, anak laki-laki dan perempuan!

     

    (Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)


    Share this post



    ← Older Post Newer Post →