Apple Watches dapat segera mendeteksi kadar oksigen darah

Posted by Laila Kodrati on

Apple Watches dapat segera mendeteksi kadar oksigen darah

Cuplikan iOS 14 memberi petunjuk tentang fitur yang akan datang

Oleh Monica Chin @ mcsquared96 9 Mar 2020, 12:06 siang EDT

Apple sedang mengerjakan fitur yang akan memungkinkan Apple Watch mendeteksi kadar oksigen dalam darah untuk pertama kalinya, menurut potongan kode iOS 14 yang diperoleh 9to5Mac.

Saat ini, Apple Watches Seri 1 dan yang lebih baru dapat memberi tahu pemakai ketika mereka mendeteksi irama jantung yang tidak teratur yang menunjukkan bahwa mereka mungkin berisiko mengalami atrial fibrilasi (AFib). Mereka juga dapat mengirim peringatan ketika detak jantung pengguna tetap di atas atau di bawah BPM (detak per menit) yang mereka pilih saat mereka tidak aktif. Dengan kapasitas untuk memantau kadar oksigen dalam darah, Apple Watches juga dapat memperingatkan pemakainya yang berisiko mengalami pernapasan pernapasan atau jantung.

Kadar oksigen darah juga dapat bermanfaat bagi atlet, karena dapat menunjukkan seberapa baik tubuh mereka menyesuaikan diri dengan berbagai tingkat aktivitas.

Tidak jelas apakah fitur ini akan menjadi komponen unik dari Apple Watch Series 6 mendatang atau bagian dari watchOS 7, yang akan memungkinkannya untuk diluncurkan ke Apple Watches yang lebih lama juga. Kami berharap untuk melihat kedua rilis baru musim gugur ini. Sebuah teardown iFixit mengungkapkan bahwa perangkat keras Apple Watch asli mampu memantau kadar oksigen darah, meskipun saat ini tidak menawarkan fitur itu.

Pemantauan oksigen darah adalah salah satu dari sejumlah fungsi yang sedang dikerjakan Apple untuk memperluas kemampuan kesehatan smartwatches-nya. Menurut cuplikan, perusahaan juga sedang memperbaiki bug dalam fitur elektrokardiogram (EKG) yang menyebabkan Apple Watches Series 4 dan 5 mengambil pembacaan yang tidak meyakinkan dengan detak jantung antara 100 dan 120 BPM. Musim gugur yang lalu, daftar App Store mengisyaratkan aplikasi Sleep yang belum dirilis, yang akan memungkinkan pengguna untuk mengatur waktu tidur dan waktu bangun serta membawa pelacakan tidur yang telah lama ditunggu-tunggu ke Apple Watch.

Apple tidak akan menjadi perusahaan pertama yang mengimplementasikan fitur ini untuk produk yang dapat dikenakan. Fitbit meluncurkan pemantauan oksigen darah ke jalur Versa-nya serta pelacak kebugaran Charge 3 dan Ionic awal tahun ini. Namun, data hanya tersedia di bagian pelacakan tidur aplikasi Fitbit, dan dalam bagan yang sangat umum; Anda tidak dapat melihat metrik yang tepat atau jam demi jam. Kemungkinan Apple dapat menawarkan versi yang lebih canggih dari fitur ini. Fitbit tidak bermaksud agar datanya digunakan untuk diagnosa medis, sementara Apple telah memasarkan Apple Watches baru-baru ini sebagai perangkat yang dapat menginformasikan percakapan dengan dokter. Aplikasi EKG-nya juga telah dihapus oleh Food and Drug Administration untuk penggunaan medis bagi pengguna di atas 22 tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.theverge.com/2020/3/9/21171483/apple-watch-ios-14-code-blood-oxygen-features-update dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)


Share this post



← Older Post Newer Post →