ULASAN APPLE WATCH SERI 5: JAM CERDAS TERBAIK

Posted by Info Fstrap on

ULASAN APPLE WATCH SERI 5: JAM CERDAS TERBAIK

Oleh Dieter Bohn@backlon Sep 18, 2019, 06:00 EDT
Fotografi oleh Vjeran Pavic

pujian tertinggi yang bisa saya berikan untuk Apple Watch Series 5 baru hanyalah ini: ini adalah Apple Watch.

Ada lelucon dalam ulasan iPad saya baru-baru ini: Saya baru saja mengatakan "ini iPad," dan semua orang tahu apa artinya itu. Itu pertanda bahwa produk tidak berubah dari tahun ke tahun, tentu saja. Tetapi yang lebih penting, itu adalah janji bahwa itu baik, bahwa itu akan melakukan apa yang Anda harapkan, dan bahwa Anda tidak perlu terlalu memikirkan bagaimana itu akan cocok dengan hidup Anda.

Tidak banyak produk yang mencapai level itu. Bahkan iPhone mengalami pasang surut, dengan beberapa tahun menjadi sedikit lebih tidak konsisten daripada yang lain. Tapi tanpa awal yang kasar dan cegukan seluler beberapa tahun yang lalu, Apple Watch berada di lintasan yang sangat stabil: sedikit lebih baik setiap tahun. Itu dimulai pada titik harga $ 399 yang sama seperti tahun lalu, dan peningkatan seluler atau material akan menambah biaya itu.

Dibandingkan dengan Seri 4, Seri 5 hanya memiliki beberapa pembaruan kecil. Yang utama di antara mereka adalah layar baru yang selalu aktif. Dibandingkan dengan pasar jam tangan pintar lainnya, Apple Watch Series 5 berada di liga yang sama sekali berbeda.

Dibandingkan dengan Seri 4, ada empat hal baru di Apple Watch Seri 5. Yang pertama adalah bahwa Apple menawarkan bahan baru untuk casing. Anda bisa mendapatkannya di aluminium dan baja standar, tetapi Anda juga bisa menghabiskan lebih banyak untuk titanium atau keramik sekarang.

Ada beberapa perbedaan berat yang halus pada bahan yang lebih mahal, dan mereka juga memiliki kaca safir di bagian depan Arloji. Tetapi Anda tidak boleh menghabiskan uang ekstra untuk materi yang lebih premium dengan harapan mereka akan lebih baik dari perspektif fitur. Mereka adalah Apple Watch yang sama; Anda hanya akan membayar lebih untuk sesuatu yang lebih mewah. Beberapa orang suka melakukan itu!

Fitur baru kedua adalah pembaruan besar tahun ini: layar selalu aktif. Saya merasa banyak pengguna telah menanyakan hal ini sejak Apple Watch pertama kali diumumkan lima tahun lalu bersama iPhone 6 dan Apple Pay. Ini adalah sesuatu yang sudah dilakukan oleh jam tangan pintar lain saat itu, dan itu menjengkelkan karena Apple tidak menemukan cara untuk melakukannya.

Sekarang telah, dan dengan cara khas Apple, dikatakan dapat melakukannya karena beberapa teknologi layar baru yang apik yang mengurangi pertukaran baterai yang biasa. Secara khusus, Apple mengatakan itu dapat secara dinamis mengubah kecepatan refresh layar dari secepat 60Hz menjadi selambat 1Hz, memperbarui hanya sekali per detik.

Melakukan hal itu memungkinkan layar untuk menarik daya yang jauh lebih sedikit saat berada dalam mode sekitar. Ini juga berarti bahwa jika Anda menginginkan tampilan yang selalu aktif, Anda harus menggunakan Seri 5. Ini bukan sesuatu yang akan ditambahkan ke model lama melalui pembaruan perangkat lunak.

Teknologi yang memungkinkan hal itu adalah layar oksida polikristalin suhu rendah (disingkat LTPO) yang dikembangkan Apple. Teknologi di balik layar OLED versi LTPO menarik terutama sejak pertama kali diperkenalkan di Seri 4 — tetapi itu bukan sesuatu yang benar-benar perlu Anda pahami. Layar terlihat identik dengan Seri 4; itu sama besar dan cerahnya.

Apa yang kurang dari Watch tahun lalu adalah chip untuk mengontrol kecepatan refresh pada layar LTPO itu sehingga tidak dapat selalu aktif. Secara khusus, Seri 5 memiliki "driver tampilan daya sangat rendah, sirkuit terintegrasi manajemen daya yang efisien, dan sensor cahaya sekitar baru," menurut Apple.

Saya suka layar selalu aktif di Seri 5. Implementasi Apple lebih baik daripada jam tangan pintar lain yang saya gunakan karena dua alasan: itu tidak terlalu merusak masa pakai baterai, dan Apple membuat sedikit warna terlihat dalam mode sekitar.

Untuk alasan apa pun, saya tidak pernah bisa mendapatkan Apple Watch sebelumnya untuk menampilkan layar mereka dengan gerakan pergelangan tangan yang halus. Saya selalu harus mengangkat tangan saya secara kartun. Layar yang selalu aktif berarti saya tidak terlalu brengsek dalam percakapan dan rapat.

Tetapi pertanyaan besarnya adalah masa pakai baterai: Apple mengklaim masih mendapatkan 18 jam dengan penggunaan standar, dan saya sudah mendapatkannya. Jadi, centang kotak — kecuali bahwa Seri 4 biasanya mengungguli perkiraan itu. Saya tidak akan mengatakan bahwa Seri 5 memiliki daya tahan baterai yang lebih buruk daripada Seri 4, tetapi yang terbaik, ini setara. Anda akan menagihnya setiap hari.

Tapi jangan menilai pada kurva di sini. Apple Watch lebih baik daripada jam tangan pintar bergaya komputer di pergelangan tangan Anda sejauh satu mil pedesaan, tetapi ada jam tangan lain dengan fitur pintar yang dapat bertahan selama berhari-hari, berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Garmin dan Fitbits dan Withings dunia semuanya dimaksudkan untuk hal-hal yang berbeda dari Apple Watch, tetapi banyak yang dapat melakukan beberapa hal dasar, seperti pemberitahuan dan cuaca, hampir juga.

Dua fitur baru terakhir di Apple Watch Series 5 adalah kompas internal dan pita seluler yang dapat bekerja secara internasional. Yang pertama dapat berguna untuk pejalan kaki, sedangkan yang terakhir benar-benar hanya memungkinkan versi seluler untuk melakukan panggilan darurat di mana saja di dunia. Untuk mendapatkan layanan di lebih banyak tempat, Anda harus menunggu Apple membuat lebih banyak penawaran operator.

Ringkasnya: bahan casing baru, layar selalu aktif baru, kompas, dan lebih banyak pita seluler. Secara keseluruhan, itu adalah pembaruan yang sangat kecil. Tetapi kenyataannya adalah bahwa Apple tidak dapat melakukan apa-apa, dan Apple Watch akan tetap menjadi jam tangan pintar terbaik untuk pengguna iPhone sejauh ini.

Jika Anda memiliki Apple Watch saat ini dan berpikir untuk meningkatkan, saya sangat menyarankan Anda menunggu watchOS 6 tiba untuk Watch Anda saat ini. Mungkin cukup baik bagi Anda untuk mempertahankan apa yang Anda miliki atau, lebih jarang, pembaruan ini dapat membuat Jam Tangan lama terasa lebih lambat. Either way, ada baiknya menunggu sebentar.

Fitur utama besar untuk watchOS 6 adalah ia memiliki App Store independen yang memungkinkan Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tanpa memerlukan iPhone Anda. Memang persis seperti itu, tetapi pastikan Anda memiliki iPhone yang berguna saat pertama kali memasukkan beberapa kata sandi. Akan ada saat-saat lain ketika beberapa aplikasi tidak akan berfungsi di Arloji Anda sampai mereka dapat berkomunikasi dengan aplikasi yang dipasangkan di iPhone Anda. Apple memberi tahu saya bahwa setelah watchOS 6 diluncurkan, banyak aplikasi Watch yang sepenuhnya independen akan tersedia dan ditampilkan di halaman utama App Store versi Watch.

Saya pikir harapannya adalah App Store onboard dapat memacu lebih banyak penggunaan dan membuat dukungan Apple Watch lebih bermanfaat bagi pengembang pihak ketiga. Kita lihat saja, tapi saya belum menahan napas. Sejauh ini, ini telah menjadi penghasil uang terutama untuk Apple. Apple telah melakukan pekerjaan yang layak untuk membuat aplikasi untuk halaman utama di App Store, tetapi sebaliknya, tidak semudah menelusuri seperti di ponsel Anda.

App Store baru di Watch tidak membuatnya lebih independen dari iPhone. Anda masih memerlukan iPhone untuk mengatur dan menggunakan Apple Watch, meskipun Anda memiliki Jam Tangan dengan koneksi LTE dan App Store versinya sendiri. Ini masih merupakan aksesori untuk iPhone dan bukan perangkat yang benar-benar independen. Padahal, dengan watchOS 6, Anda bisa mulai melihat garis kabur dari jalur itu.

Di samping App Store ada beberapa aplikasi baru dan yang diperbarui langsung dari Apple. Yang paling penting dalam pikiran saya adalah aplikasi Pelacakan Siklus baru untuk melacak siklus menstruasi. Apple butuh waktu lebih lama dari yang seharusnya untuk memprioritaskan fitur yang dirancang untuk kesehatan orang yang mengalami menstruasi. Tapi sekarang di sini, sepertinya perusahaan telah melakukan pekerjaan dengan baik.

Apple telah mengambil pendekatan yang hati-hati. Komplikasi tidak menampilkan informasi, misalnya, dan tidak akan terlalu percaya diri dalam menebak tanggal untuk periode prediksi dan jendela kesuburan Anda. Jika Anda berencana menggunakan ini untuk mengumpulkan data untuk tujuan keluarga berencana, Anda harus berbicara dengan dokter Anda sebelum bertindak atas data apa pun yang dikumpulkan aplikasi ini.

Apple juga telah memikirkan dan memperhatikan apakah dan kapan harus menampilkan berbagai opsi Pelacakan Siklus, tergantung pada informasi usia dan jenis kelamin yang diketahuinya. Anda juga dapat menonaktifkan jenis pelacakan tertentu (seperti kesuburan) jika Anda mau. Ada alur orientasi khusus yang terjadi di telepon hanya karena lebih mampu mengomunikasikan informasi dan nuansa daripada layar Tontonan kecil Anda.

Dan jika Anda ingin menghapus aplikasi Cycles sepenuhnya, untuk pertama kalinya, watchOS 6 akan memungkinkan pengguna untuk menghapus beberapa aplikasi Apple sendiri dari Watch. (Untuk melakukan itu, Anda harus mengatur tampilan aplikasi Anda dalam tampilan kisi heksagonal. Kemudian, tekan lama aplikasi apa pun untuk masuk ke mode jiggly, pada titik mana, Anda akan dapat mengetuk X untuk mencopot pemasangan.)

Aplikasi baru lainnya termasuk aplikasi Pengingat yang diperbarui dan aplikasi Memo Suara, yang keduanya disinkronkan secara otomatis dengan aplikasi pasangannya di iPhone. Ada juga aplikasi Kalkulator. (Mengapa Apple Watch memiliki aplikasi Kalkulator pihak pertama sedangkan iPad tidak adalah teka-teki bagi semua pengguna iPad.)

Apple Watch sekarang juga dapat mendeteksi kebisingan sekitar. Jika terlalu keras, itu akan memperingatkan Anda, dan juga akan melacak tingkat kebisingan sekitar Anda secara keseluruhan dari waktu ke waktu. Ini menegaskan bahwa kereta BART di San Francisco sangat keras.

Apple memasukkan beberapa tampilan jam baru, seperti biasa. Dan seperti biasa, saya menemukan mereka baik tetapi selalu beberapa derajat dari apa yang sebenarnya saya inginkan. Saya menghormati bahwa Apple berpendapat tentang estetika Apple Watch, tetapi saya semakin kesal karena tidak mengizinkan tampilan jam pihak ketiga.

Namun, Apple akhirnya membuat perubahan yang membuat saya penasaran: di sebagian besar tampilan jam, saat Anda mengatur warna khusus, semua komplikasi menjadi monokrom agar sesuai dengan warna itu. Saya menemukan terlalu banyak dari mereka untuk menjadi sangat berwarna sebelumnya, dan sekarang saya dapat menyesuaikannya dengan warna pilihan saya.

Terakhir dan (mengingat reputasinya) mungkin paling tidak, Siri memiliki beberapa pembaruan kecil. Itu dapat mengenali musik saat Anda memintanya, dan sekarang juga dapat menyajikan jawaban atas pertanyaan dengan tautan web. Ya, Anda masih dapat membuka halaman web di Apple Watch. Dan ya, itu masih menggemaskan seperti biasanya. Untungnya, itu juga masih default untuk membuka artikel tertentu.

Jika Anda tertarik dengan versi seluler, saya dapat melaporkan bahwa ini bekerja hampir sama di watchOS 6 seperti sebelumnya, artinya semuanya berfungsi, tetapi semuanya terasa sedikit lebih lambat dan lebih buruk daripada jika Anda memilikinya. telepon Anda dengan Anda. Panggilan tidak begitu tajam, latensi sedikit lebih tinggi saat menggunakan data, dan, tentu saja, itu akan lebih menguras baterai Anda. Tapi sekali lagi, sedikit lebih buruk dari ideal untuk Apple Watch masih banyak kelipatan lebih baik daripada kebanyakan kompetisi.

sudah saatnya Apple menambahkan layar selalu aktif ke Apple Watch Series 5, tetapi itu bukan hal terbaik tentang itu. Bukan pula teknologi LTPO yang memungkinkannya atau kompas baru atau pengukur kebisingan atau salah satu fitur yang saya bahas dalam ulasan ini.

Bagian terbaik dari Apple Watch adalah saya dapat berbicara tentang fitur-fitur itu sama sekali. Setiap jam tangan pintar lain yang saya gunakan dalam beberapa tahun terakhir (dan, pembaca, saya telah sering menggunakan) telah gagal melewati ambang batas kegunaan yang sangat mendasar. Beberapa tidak bertahan lebih dari 12 jam, beberapa tampaknya tidak dapat membuka aplikasi dalam waktu kurang dari 10 detik, beberapa sulit dinavigasi, dan beberapa memiliki perangkat lunak yang benar-benar bermasalah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.theverge.com/2019/9/18/20869098/apple-watch-series-5-always-on-screen-features-price-best-smartwatch. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.) 


Share this post



← Older Post Newer Post →