Cara mengatur ID Medis Anda di iPhone dan Apple Watch

Posted by Info Fstrap on

Cara mengatur ID Medis Anda di iPhone dan Apple Watch

Ankur Thakur 2 Maret 2022

ID Medis di iPhone dan Apple Watch memberikan informasi berharga terkait Anda dan kesehatan Anda. Setelah Anda mengatur ID Medis dan mengaktifkannya untuk ditampilkan di Layar Terkunci, siapa pun yang memiliki akses fisik ke perangkat dapat mengetahui tentang kondisi kesehatan Anda dan menghubungi kontak darurat Anda.

Tutorial penting ini akan menunjukkan cara membuat ID Medis di iPhone dan bagaimana Anda atau orang lain dapat mengaksesnya dari Layar Terkunci.

Tentang ID Medis

Kecelakaan selalu terjadi pada orang lain. Itulah yang cenderung kita percayai. Selain sebagian besar salah arah, berpikir bahwa Anda lebih kecil kemungkinannya mengalami kecelakaan daripada orang yang duduk di sebelah Anda bisa berbahaya, terutama karena itu dapat menyebabkan Anda tidak siap jika Anda akan mengalami kecelakaan.

Tidak banyak cara Anda dapat bersiap jika terjadi sesuatu pada Anda, tetapi ada satu hal yang dapat Anda lakukan sekarang, langsung dari iPhone Anda, dan itu tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa menit.

iOS 8 memperkenalkan aplikasi Kesehatan, yang memungkinkan Anda membuat ID Medis yang dapat diakses oleh siapa saja dari Layar Kunci perangkat Anda.

Pentingnya ID Medis

Inilah situasi hipotetis.

Katakanlah Anda sedang mengendarai sepeda dan sayangnya mengalami kecelakaan. Pada saat ambulans datang kepada Anda, Anda sudah kehilangan banyak darah. Transfusi darah bisa menyelamatkan hidup Anda, tetapi petugas medis pertama-tama perlu tahu apa golongan darah Anda. Berkat ID Medis, mereka dapat dengan cepat mengetahuinya, dengan asumsi Anda mengisinya, hanya dengan memiliki akses ke Layar Kunci iPhone Anda. Ini bisa menyelamatkan hidup Anda.

ID Medis tidak hanya berguna untuk menunjukkan golongan darah Anda. Ini juga dapat digunakan untuk menampilkan kondisi medis dan alergi yang diketahui, yang sekali lagi merupakan informasi yang sangat penting.

Plus, orang asing di sekitar Anda dapat melihat kontak darurat Anda seperti pasangan, anak-anak, orang tua, teman, dll., dan menelepon mereka untuk memberi tahu mereka tentang situasinya.

ID Medis Keseluruhan adalah fitur luar biasa yang harus Anda tambahkan dan perbarui di iPhone Anda.

Cara membuat ID Medis Anda di iPhone dan Apple Watch

Berikut cara menyiapkan ID Medis Anda:

1) Buka aplikasi Kesehatan, dan ketuk ID Medis > Memulai. Anda juga dapat membuka aplikasi Kesehatan > ketuk ikon gambar profil dari kanan atas > ID Medis.

2) Masukkan detail Anda seperti kondisi medis, alergi dan reaksi, obat-obatan, golongan darah, berat badan, tinggi badan, bahasa, dan kontak darurat Anda.

3) Untuk memastikan bahwa orang lain dapat mengaksesnya dari Layar Terkunci, aktifkan Tampilkan Saat Terkunci.

4) Agar ID Medis Anda dibagikan secara otomatis dengan responden darurat saat Anda menelepon atau mengirim SMS ke layanan darurat, aktifkan Bagikan Selama Panggilan Darurat.

5) Ketuk Selesai untuk menyimpan ID Medis Anda.

Setelah Anda mengatur ID Medis di iPhone, data ini juga diselaraskan dan dicerminkan di Apple Watch. Anda tidak perlu melakukan langkah tambahan apa pun untuk menambahkan ID Medis Anda ke Apple Watch.

Cara mengedit atau menghapus catatan ID Medis Anda di iPhone

Intinya, jika Anda ingin memperbarui alergi, kondisi medis, atau kontak darurat Anda, berikut cara mengubah informasi ID Medis Anda:

1) Buka bagian ID Medis di dalam aplikasi Kesehatan > gambar profil Anda > ID Medis.

2) Ketuk Edit.

3) Ketuk bidang yang ingin Anda ubah dan tambahkan informasi yang diperbarui.

4) Untuk menghapus kontak darurat, ketuk tombol minus merah > Hapus. Untuk menambahkannya, ketuk tambahkan kontak darurat.

5) Ketuk Hapus ID Medis jika Anda ingin menghapusnya.

6) Terakhir, ketuk Selesai untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

Cara melihat ID Medis Anda atau orang lain di Layar Kunci iPhone

Untuk mengakses ID Medis di iPhone yang tidak terkunci, tekan ikon aplikasi Kesehatan dan pilih ID Medis. Anda juga dapat masuk ke dalam aplikasi Kesehatan > gambar profil > ID Medis.

Misalkan Anda menemukan orang yang terluka di jalan atau tempat umum. Dalam situasi ini, Anda dapat menghubungi anggota keluarga mereka langsung dari Layar Terkunci dengan mengakses ID Medis orang tersebut. Selain itu, dokter atau petugas pertolongan pertama dapat mengetahui tentang kondisi medis orang yang terluka, golongan darah, alergi, dan banyak lagi.

Berikut adalah dua cara untuk melihat ID Medis seseorang di iPhone mereka:

Saat mematikan

1) Buka layar matikan:

  • Di iPhone tanpa ID Wajah, tekan dan tahan tombol samping kanan hingga Anda melihat layar matikan.
  • Di iPhone dengan ID Wajah, tekan dan tahan tombol samping kanan dan tombol volume atas atau bawah.

2) Dari layar matikan, geser ke kanan pada ID Medis.

Menggunakan tombol Darurat

1) Buka layar masukkan kode sandi iPhone:

  • Di iPhone dengan tombol Utama, tekan tombol beranda. Karena ini bukan iPhone Anda, Touch ID akan gagal dan menampilkan layar untuk memasukkan kode sandi secara manual.
  • Di iPhone tanpa tombol Beranda, geser ke atas dari bagian bawah layar. Karena ini bukan iPhone Anda, ID Wajah tidak akan membuka kunci perangkat, dan setelah beberapa detik upaya gagal, itu akan menampilkan layar untuk memasukkan kode sandi secara manual.

2) Ketuk Darurat.

3) Ketuk ID Medis untuk melihat detail kesehatan dan kontak darurat orang tersebut.

Cara melihat ID Medis di Apple Watch

1) Tekan dan tahan tombol sisi datar di tepi kanan Apple Watch untuk melihat layar matikan.

2) Geser tombol ID Medis ke kanan untuk mengakses kontak darurat dan detail kesehatan.

Catatan: Di iPhone (yang dikunci dengan kode sandi), Anda dapat mengetuk nomor telepon kontak darurat di layar ID Medis, dan itu akan memanggil orang itu. Namun, saya perhatikan bahwa di Apple Watch, yang dikunci oleh kode sandi, mengetuk nama atau nomor di layar ID Medis tidak membuat panggilan audio normal atau FaceTime dari jam tangan. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan iPhone orang tersebut untuk menghubungi kontak darurat mereka atau melihat nomor kontak darurat di Apple Watch mereka dan menelepon mereka menggunakan ponsel Anda.

Saya harap sekarang Anda tahu cara mengatur ID Medis dan melihatnya di iPhone atau Apple Watch yang terkunci.

Mengetahui cara mengakses ID Medis penting bagi semua orang, baik itu pengguna iOS atau Android. Ketika Anda mengetahui hal ini, Anda dapat menjadi bantuan besar bagi orang yang membutuhkan bantuan medis segera.

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2022/03/02/how-to-set-up-medical-id-iphone-apple-watch/. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.


Share this post



← Older Post Newer Post →