Cara mengatur dan menggunakan Apple Pay dengan Apple Watch

Posted by Laila Kodrati on

Cara mengatur dan menggunakan Apple Pay dengan Apple Watch

Apple Watch memiliki NFC bawaan, yang merupakan singkatan dari Near-Field Communication, untuk melakukan pembayaran nirkabel saat bepergian. Dan dengan gaya Apple yang khas, arloji ini bahkan tidak harus berada dalam kisaran iPhone yang dipasangkan, juga tidak harus membuat koneksi jaringan, untuk melakukan pembayaran.

Sebelum Anda dapat mulai melakukan pembayaran dengan jentikan pergelangan tangan Anda, Anda harus menyiapkan Apple Pay di Apple Watch Anda. Dalam tutorial ini, saya akan menjelaskan semuanya untuk Anda dan menjelaskan cara mengatur, mengelola, dan menggunakan Apple Pay dengan Apple Watch Anda.

Apple Pay di Apple Watch memerlukan iPhone apa pun mulai dari iPhone 5 ke depan. Sebelum Anda dapat memanfaatkan pembayaran tanpa kontak dari pergelangan tangan Anda, pastikan Anda memiliki yang berikut ini:

  • Apple Watch dipasangkan dengan iPhone Anda
  • iOS 8.2 atau lebih baru di iPhone Anda
  • Amerika Serikat sebagai wilayah pilihan Anda
  • Kartu kredit atau debit yang didukung dari bank yang berpartisipasi

Anda juga harus mengurus hal-hal berikut:

  • Siapkan kode sandi di Apple Watch Anda
  • Aktifkan Deteksi Pergelangan Tangan di Apple Watch
  • Aktifkan Bluetooth di iPhone Anda
  • Sambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler di iPhone Anda
  • Masuk dengan akun iCloud yang sama di iPhone dan Apple Watch Anda

Sekarang setelah Anda siap, Anda siap untuk mulai menjelajahi tutorial ini.

Cara mengatur Apple Pay di Apple Watch

Sebelum Anda dapat mulai membayar dari pergelangan tangan Anda, Apple Pay harus disiapkan di Apple Watch Anda sehingga Anda perlu menambahkan kartu pembayaran ke perangkat. Ini adalah langkah yang diperlukan bahkan jika Anda sudah menyiapkan Apple Pay di iPhone atau iPad Anda.

Langkah 1 : Buka kunci Apple Watch Anda

Langkah 2 : Jalankan aplikasi Apple Watch pendamping di iPhone Anda dan ketuk tab My Watch di bagian bawah.

Langkah 3 : Sekarang ketuk opsi Passbook & Apple Pay.

Langkah 4 : Ketuk opsi Tambahkan Kartu Kredit atau Debit dan tekan Berikutnya.

Langkah 5 : Jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau debit yang didukung pada file dengan iTunes, Anda akan diminta untuk memindai kartu baru untuk informasi yang relevan menggunakan kamera iPhone Anda dan mengisi informasi tambahan yang diperlukan, termasuk kode keamanan kartu.

Jika tidak, Anda akan diminta untuk hanya memasukkan kode keamanan kartu yang Anda miliki saat ini di file dengan iTunes. Jika Anda tidak ingin menggunakan kartu ini, pilih "Tambahkan kartu kredit atau debit yang berbeda."

Langkah 6 : Ketuk Selanjutnya. Kartu Anda yang baru ditambahkan akan terdaftar sebagai "Aktivasi" sampai proses verifikasi selesai. Ini dilakukan di ujung bank Anda dan bank Anda dapat meminta Anda untuk memberikan verifikasi tambahan sebelum menyetujui kartu Anda untuk Apple Pay.

Anda juga dapat memverifikasi kartu Anda kapan saja setelah menambahkannya ke aplikasi Apple Watch di iPhone. Cukup pilih di aplikasi pendamping, ketuk Masukkan Kode dan ikuti instruksi.

Tip : Gunakan langkah-langkah ini untuk mengatur Apple Pay di iPhone atau iPad Anda.

Langkah 7 : Setelah berhasil memverifikasi kartu, ketuk Berikutnya dan pemberitahuan muncul di Apple Watch Anda yang memberi tahu Anda bahwa kartu Anda siap untuk Apple Pay.

Cara mengganti kartu default Anda

Untuk mengubah kartu default Anda untuk Apple Pay, ikuti langkah-langkah sederhana ini.

Langkah 1 : Buka aplikasi pendamping Apple Watch di iPhone Anda dan navigasikan ke bagian My Watch dengan mengetuk tab yang sesuai di bagian bawah.

Langkah 2 : Sekarang buka bagian Passbook & Apple Pay.

Langkah 3 : Tekan tombol Kartu Default dan kemudian ketuk kartu yang ingin Anda buat kartu default baru Anda untuk Apple Pay.

Bagaimana cara menambahkan kartu lain

Langkah 1 : Buka aplikasi Apple Watch di iPhone Anda dan buka bagian My Watch.

Langkah 2 : Ketuk Passbook & Apple Pay.

Langkah 3 : Tekan opsi Tambahkan Kartu Kredit atau Debit dan ikuti instruksi.

Cara mengeluarkan kartu

Ada dua cara untuk mengeluarkan kartu kredit atau debit yang terkait dengan Apple Pay: menggunakan Apple Watch sendiri atau melalui aplikasi iPhone pendamping.

Untuk mengeluarkan kartu menggunakan aplikasi Apple Watch di iPhone Anda:

Langkah 1 : Buka aplikasi pendamping Apple Watch di iPhone Anda.

Langkah 2 : Buka bagian Arloji Saya dengan mengetuk tabnya di bagian bawah.

Langkah 3 : Gulir ke bawah dan tekan opsi Passbook & Apple Pay.

Langkah 4 : Ketuk kartu yang ingin Anda lepaskan lalu ketuk Hapus.

Untuk mengeluarkan kartu menggunakan Apple Watch itu sendiri:

Langkah 1 : Pertama buka Passbook di jam tangan Anda dengan mengetuk ikonnya di layar Utama, atau tekan dan tahan Digital Crown untuk meminta Siri untuk "membuka Passbook".

Langkah 2 : Geser ke kartu yang ingin Anda lepaskan dan tekan dengan kuat pada layar.

Langkah 3 : Pilih Hapus.

Cara menggunakan Apple Pay di toko

Ikuti langkah-langkah ini untuk membayar dengan Apple Pay di Apple Watch Anda selama checkout.

Langkah 1 : Klik dua kali tombol samping, tepat di sebelah Digital Crown.

Langkah 2 : Kartu default Anda akan muncul. Atau, beralih ke yang berbeda dengan menggesekkan.

Langkah 3 : Setelah Anda memilih kartu yang Anda inginkan, Pegang wajah Apple Watch Anda dalam jarak beberapa sentimeter dari pembaca tanpa kontak.

Langkah 4 : Anda akan merasakan denyut lembut dan mendengar nada konfirmasi setelah transaksi selesai.

Tip : Pastikan Anda memegang Apple Watch di dekat pembaca.

Untuk memastikan bahwa pengecer Anda menerima Apple Pay, cari salah satu piktogram ini tentang pembaca kartu dan terminal POS saat checkout.

Tip : Sementara Apple Pay secara umum diterima di setiap titik penjualan yang menerima pembayaran tanpa kontak melalui terminal berkemampuan NFC, beberapa pengecer seperti 7-Eleven, Jack in the Box, Home Depot, Rite Aid dan CVS dapat memilih untuk menonaktifkan Apple Pay.

Cara menggunakan kartu loyalitas dan hadiah dengan Apple Pay

Dimungkinkan untuk menggunakan kartu loyalitas dan hadiah Anda ketika melakukan pembelian dengan Apple Pay di Apple Watch, begini caranya.

Langkah 1 : Buka Passbook di iPhone Anda dan atur loyalitas dan kartu hadiah Anda dengan memilih Scan Code.

Tip : Setiap perubahan yang dibuat dalam Passbook untuk iPhone, seperti menghapus atau mengatur ulang kartu loyalitas dan hadiah Anda, juga akan mencerminkan pada Apple Watch Anda.

Langkah 2 : Saat checkout, pemberitahuan untuk kartu yang disimpan di Passbook akan muncul di Apple Watch Anda.

Langkah 3 : Ketuk notifikasi untuk membuka Passbook di perangkat.

Langkah 4 : Putar Digital Crown untuk menggulir ke kartu yang relevan dan ketuk.

Langkah 5 : Layar informasi kartu akan ditampilkan. Putar Digital Crown untuk menggulir ke bawah dan menunjukkan kode batang pada Apple Watch Anda kepada petugas.

Cara menonaktifkan Apple Pay jika Apple Watch hilang atau dicuri

Jika Apple Watch Anda salah tempat atau dicuri, Anda harus segera menghapus kemampuan untuk melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit dan debit di pergelangan tangan Anda.

Langkah 1 : Buka browser web di Mac atau PC Windows Anda dan bernyanyi di iCloud.com.

Langkah 2 : Sekarang klik ikon Pengaturan. Anda akan melihat layar baru yang mencantumkan semua perangkat Anda masuk ke akun iCloud ini di bawah bagian Perangkat Saya.

Langkah 3 : Sekarang klik Apple Watch Anda dan kemudian Hapus Perangkat, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 4 : Sebuah pesan akan muncul yang mengatakan bahwa perangkat yang dipilih akan muncul kembali secara otomatis jika terhubung ke Internet dan Anda masuk ke iCloud.

Langkah 5 : Klik Hapus untuk mengonfirmasi.

Tip : Anda juga dapat menghubungi bank atau penerbit kartu Anda secara langsung dan meminta mereka untuk menangguhkan atau mengeluarkan kartu Anda dari Apple Pay.

FAQ Apple Pay

Jika Anda mengalami masalah dalam menggunakan Apple Pay di Apple Watch Anda atau tidak dapat mengatur layanan di perangkat, Anda mungkin menemukan tips berikut ini bermanfaat.

Sudahkah Anda memasangkan perangkat Anda dengan iPhone yang kompatibel?

Apple Pay untuk Apple Watch memerlukan iPhone yang dipasangkan (semua iPhone dari iPhone 5 dan seterusnya berfungsi dengan perangkat) dengan iOS 8.2 atau yang lebih baru.

Apakah Anda memilih Amerika Serikat sebagai wilayah Anda?

Meskipun Apple Pay akan meluas ke pasar lain, saat ini terbatas untuk Amerika Serikat. Untuk memilih Amerika Serikat sebagai wilayah Anda di iPhone, buka Pengaturan dan arahkan ke Umum> Bahasa & Wilayah> Bahasa iPhone.

Anda akan memilih wilayah untuk Apple Watch Anda sebagai bagian dari prosedur pemasangan dan pengaturan di aplikasi pendamping Apple Watch.

Apakah Anda masuk ke iCloud di iPhone dan Apple Watch?

Baik Apple Watch dan iPhone Anda harus menggunakan akun iCloud yang sama untuk menggunakan Apple Pay di pergelangan tangan Anda. Anda dapat melihat akun iCloud apa yang Anda masuki di iPhone Anda di bawah bagian iCloud dari aplikasi Pengaturan.

Anda akan masuk ke iCloud di Apple Watch sebagai bagian dari prosedur pemasangan dan pengaturan di aplikasi pendamping Apple Watch.

Jika Anda keluar dari iCloud, semua kartu kredit dan debit akan dihapus dari perangkat.

Apakah kartu / bank Anda didukung?

Banyak kartu kredit dan debit A.S. dapat digunakan dengan Apple Pay, tetapi tidak semua penerbit kartu kredit dan bank didukung. Untuk informasi terperinci tentang ketersediaan Apple Pay dan penerbit kartu saat ini, lihat dokumen dukungan Apple.

Apakah kode sandi diaktifkan di Apple Watch?

Sebelum Anda dapat menggunakan Apple Pay, kode sandi harus ditetapkan pada perangkat Anda yang dapat dikenakan.

Lihat mengapa Anda harus menggunakan kode sandi pada Apple Watch Anda dan ikuti langkah-langkah ini untuk mengunci dan membuka kunci Apple Watch. Jika Anda menghapus kode sandi Apple Watch, semua kartu kredit dan debit akan dihapus dari perangkat.

Apakah Deteksi Pergelangan Tangan dihidupkan?

Apple Pay untuk Apple Watch mengharuskan Deteksi Pergelangan Tangan diaktifkan.

Deteksi Pergelangan Tangan memerlukan kontak kulit dan di samping kode sandi mewakili lapisan keamanan penting untuk Apple Pay di Apple Watch. Untuk mengaktifkan fitur ini, balikkan sakelar Deteksi Pergelangan Tangan ke AKTIF di bawah bagian Jam Saya> Umum di aplikasi Apple Watch di iPhone Anda.

Jika Anda mematikan Deteksi Pergelangan Tangan, semua kartu kredit dan debit akan dihapus dari Apple Watch Anda.

Apakah Anda memutuskan pasangan Apple Watch dari iPhone?

Jika Anda melepaskan pasangan Apple Watch dari iPhone yang terhubung, semua kartu kredit dan debit akan dihapus dari Apple Watch Anda.

Masalah menambahkan kartu kredit atau debit ke Apple Pay?

Jika Anda masih mengalami masalah dalam menambahkan kartu kredit atau debit ke Apple Pay, saatnya untuk menghubungi bank atau penerbit kartu kredit Anda secara langsung karena mereka “siap membantu Anda dengan masalah ketika menambahkan kartu kredit atau debit ke iPhone 6 Anda, iPhone 6 Plus, iPad Air 2, iPad mini 3 atau Apple Watch, ”menurut Apple.

Selain bank Anda yang akan membantu Anda menyelesaikan masalah Anda, Anda juga dapat menghubungi AppleCare melalui email, obrolan, atau telepon.

Haruskah saya memilih Kredit atau Debit di terminal?

Dalam kasus yang jarang terjadi, membayar dengan Apple Pay di toko dapat menghasilkan pesan yang menanyakan apakah Anda ingin menggunakan Kredit atau Debit di terminal. Apple merekomendasikan untuk memilih Kredit "untuk mendapatkan pengalaman Pembayaran Apple yang paling konsisten" karena memilih Debit mungkin tidak selalu berhasil dengan beberapa terminal pembayaran pedagang lama dan sistem backend.

Seberapa amankah Apple Pay?

Menggunakan Apple Pay dengan Apple Watch Anda nyaman dan aman karena a) Anda tidak perlu membawa iPhone sama sekali dan; dan b) Apple tidak menyimpan detail transaksi Anda yang kaya sehingga pedagang tidak dapat mengikat kembali informasi kepada Anda.

Menambahkan kartu kredit atau debit ke Apple Watch Anda menciptakan Nomor Akun Perangkat unik yang dienkripsi dan disimpan dengan aman di Elemen Aman, sebuah chip khusus di Apple Watch yang ditutup dari sisa sistem.

Baik Apple maupun perangkat Anda tidak mengirim nomor kartu kredit atau debit Anda yang sebenarnya ke pedagang. Hanya Nomor Akun Perangkat Anda, bersama dengan kode keamanan dinamis khusus transaksi, digunakan untuk memproses pembayaran.

Pedagang hanya menerima informasi seperti nama, alamat email, alamat penagihan dan pengiriman yang Anda izinkan untuk dibagikan untuk memenuhi pesanan Anda.

"Nomor kartu dan identitas Anda tidak dibagikan dengan pedagang, dan nomor kartu Anda yang sebenarnya tidak disimpan di perangkat Anda atau di server Apple," jelas perusahaan.

Bagaimana dengan hadiah dari kartu saya saat menggunakan Apple Pay?

Ketika Anda membayar menggunakan Apple Pay, Anda akan secara otomatis mendapatkan hadiah yang diberikan oleh kartu kredit atau debit Anda. "Cukup siapkan kartu yang berpartisipasi di Apple Watch, dan Anda akan terus mendapatkan hadiah, manfaat, dan keamanan yang sama," catat Apple.

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2015/06/15/how-to-apple-pay-watch/?utm_campaign=Related dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)

 

 

 

 


Share this post



← Older Post Newer Post →