Apple Watch dan tahan air: panduan cepat untuk penggunaan dan perawatan yang tepat

Posted by Laila Kodrati on

Apple Watch dan tahan air: panduan cepat untuk penggunaan dan perawatan yang tepat

Jika Apple Watch asli dapat mempertahankan percikan kecil, dimulai dengan Seri 2, model-model baru sekarang memiliki peringkat tahan air 50 meter, menjadikan Apple Watch pendamping yang sempurna untuk perenang, peselancar, atau siapa saja yang ingin bermain-main di kolam renang atau di lautan.

Meskipun Apple Watch Anda sepenuhnya mampu masuk ke dalam air, masih ada beberapa hal yang perlu diingat.

Perhatikan bahwa artikel ini tentang Apple Watch Series 2 dan yang lebih baru saja. Silakan merujuk ke artikel ini jika Anda ingin belajar tentang ketahanan air dari Apple Watch atau Apple Watch Series 1 asli.

Kebingungan peringkat ketahanan air

Apple dengan jelas mengatakan bahwa Apple Watch Series 2 memiliki peringkat tahan air 50 meter di bawah standar ISO 22810: 2010. Namun, segera setelah mengatakan itu, perusahaan melepaskan tanggung jawabnya dengan mengatakan Apple Watch Series 2 “dapat digunakan untuk kegiatan air dangkal seperti berenang di kolam atau lautan. Namun, Apple Watch Series 2 tidak boleh digunakan untuk scuba diving, ski air, atau kegiatan lain yang melibatkan air berkecepatan tinggi atau perendaman di bawah kedalaman yang dangkal. "

Jika Anda ingin pergi 60 kaki di bawah air dengan Apple Watch Anda, maka Anda mungkin berpikir dua kali, karena terlepas dari peringkat 50 meter itu, Apple Watch Anda kemungkinan besar tidak akan mampu menahan tekanan.

Ini sangat membingungkan bagi saya, bahkan setelah menghabiskan banyak waktu untuk meneliti apa arti standar ISO 22810: 2010. Informasi terbaik yang dapat saya temukan mengenai peringkat ketahanan air yang membingungkan berasal dari Wikipedia: “Misalnya, arloji bertanda 30 meter tahan air tidak dapat diharapkan menahan aktivitas untuk periode waktu yang lebih lama di kolam renang, apalagi terus berfungsi pada jarak 30 meter di bawah air. Ini karena pengujian dilakukan hanya sekali dengan menggunakan tekanan statis pada sampel jam tangan yang baru diproduksi. ”

Singkatnya, peringkat 50 meter itu adalah BS! Anda benar-benar berselancar, berenang, atau bermain di kolam renang dengan arloji Anda, tetapi bahkan tidak berpikir untuk pergi memancing dengan ikan itu.

Cara mempersiapkan diri untuk pergi ke air dengan Apple Watch Anda

Secara teknis, Anda tidak perlu melakukan apa pun sebelum pergi ke air. Anda bisa mandi atau melompat di kolam tanpa memperhatikan jam tangan Anda, dan itu akan baik-baik saja.

Namun, Apple telah memperkenalkan fitur baru pada model Seri 2 yang disebut Water Lock yang memungkinkan speaker mengeluarkan air yang mungkin akan terjebak di lubang speaker. Fitur ini dapat sangat berguna untuk memastikan bahwa speaker Anda tidak teredam oleh genangan air.

Fitur ini harus diaktifkan secara manual, dan dapat dilakukan dengan satu dari dua cara.

  1. Anda dapat memulai latihan Berenang di Apple Watch Anda. Ini akan secara otomatis mengunci layar untuk menghindari tetesan air dari meniru keran di layar Anda saat Anda berada di dalam air. Setelah keluar dari air, Anda dapat memutar Digital Crown searah jarum jam, dan speaker akan memancarkan serangkaian suara yang ditujukan untuk mendorong air keluar dari lubang speaker. Ini cukup cerdik.
  2. Jika Anda tidak ingin memulai latihan Berenang, Anda selalu dapat menggunakan fitur Water Lock secara manual dengan mengusap wajah arloji Anda untuk membuka Pusat Kontrol dan mengetuk ikon yang terlihat seperti setetes air. Setelah selesai, Anda dapat memutar Digital Crown untuk membuka kunci arloji dan membuat speaker mengeluarkan air.

Sekali lagi, Anda tidak harus melakukan itu, tetapi ini adalah cara terbaik untuk melakukannya.

Bilas

Sebagian besar kolam mengandung bahan kimia yang bisa sangat keras pada bahan yang digunakan di Apple Watch. Demikian juga, air asin dari lautan dapat mempercepat korosi arloji Anda. Untuk alasan ini, perawatan yang tepat setelah masuk ke air sangat dianjurkan.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membilas Apple Watch Anda di bawah air segar setelah pergi ke kolam renang atau di laut. Secara pribadi, saya hanya mandi dengan arloji saya setelah berselancar dan pastikan untuk membilas arloji sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan sebanyak mungkin garam dari arloji ini.

Berbicara mengenai mandi dengan arloji Anda, Apple merekomendasikan "jangan biarkan Arloji Apple terkena sabun, sampo, kondisioner, lotion, dan parfum karena dapat memengaruhi segel air dan membran akustik secara negatif." Ingatlah itu.

Gunakan akal sehat yang baik

Ketika datang ke elektronik (atau hampir semuanya adalah kehidupan), akal sehat dapat pergi jauh. Jika Anda tidak yakin apakah Anda harus mengenakan Jam Tangan Apple untuk aktivitas bahari tertentu, maka lakukan riset, atau jangan pakai jam tangan sama sekali. Lebih baik aman daripada menyesal!

Perlu juga dicatat bahwa sebagian besar band tidak cukup sehat di air. Band-band Sport dan Nylon akan baik-baik saja. Namun, apa pun yang terbuat dari kulit jelas tidak bisa digunakan. Jika Anda tahu Anda akan pergi berenang, mungkin menukar band Anda sebelum melompat ke dalam air.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(Artikel ini pertama kali dipublikasikan di blog resmi https://www.idownloadblog.com/2016/09/27/apple-watch-and-water-resistance-a-quick-guide-to-proper-use-and-case/ dalam bahasa Inggris. Isi di dalamnya telah diterjemahkan dan dimodifikasi sesuai dengan standar editorial Fstrap.id. Diedit oleh Laila K.)


Share this post



← Older Post Newer Post →